Pemkab Minahasa akan Beli Watermaster Basmi Eceng Gondok di Danau Tondano

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa terus mematangkan rencana membeli alat berat watermaster, untuk membasmi eceng gondok di Danau Tondano.

Rencana pembelian alat tersebut, Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi, menghadiri presentasi alat berat watermaster, dari Sales Manager PT. Binacitra Teknologi Sufriyanto, di ruang Sidang Kantor Bupati, Tondano, Rabu (1/6/2016).

Menurut Sufriyanto, alat berat ini dilengkapi dengan mesin amfibi yang bisa beroperasi di air dengan maksimal. Alat ini telah digunakan pula dalam normalisasi sungai, waduk, dan pantai, serta dinilai cocok sekali dalam upaya penanggulangan eceng gondok yang telah meluas di wilayah Perairan Danau Tondano.

“Alat berat ini dilengkapi dengan raking untuk pengerukan sehingga eceng gondok bisa diangkat sampai ke akarnya. Alat ini juga dilengkapi dengan buket 600 liter, cutter pump yang terintegrasi dengan sistem pemotong sehingga bisa berfungsi sebagai pengerukan,” terangnya.

Sementara itu, JWS menyatakan ketertarikannya untuk melakukan pengadaan alat berat Watermaster ini. Dikatakan dia, untuk membersihkan eceng gondok yang sudah meluas diperlukan suatu terobosan yang berani termasuk dengan upaya pengadaan alat ini walaupun harganya mahal.

BACA JUGA:

Wakasad Letjen Erwinn Syafitri Tutup TMMD ke-96 di Lapangan Pondang Minsel

Tangani Sampah, BLHKP Mitra Gandeng Pihak Ketiga

Andalkan Krisan Riri dan Kulo, 350 Ribu Kuntum Bunga Disiapkan untuk ToF

Olly Minta Bupati/Wali Kota di Sulut Jangan Sibuk Pencitraan

Mumu Minta Masyarakat Awasi Dana Desa dan ADD

DBD Serang Ratatotok Minahasa Tenggara

Lanjut JWS, Pemkab Minahasa akan memesan alat ini dan akan menganggarkannya dalam APBD tahun 2017 nanti.

Sementara itu, Ketua DPRD Minahasa James Rawung yang hadir pada pertemuan itu, mendukung upaya Pemkab Minahasa melakukan pengadaan alat tersebut.

Demikian pula Ketua Komisi III Rommy Leke dan Ketua Fraksi Demokrat Treisye Kaligis menyampaikan dukungannya pula.

Sedangkan Ketua ULP Minahasa Yonathan Kaunang SSTP, mengatakan, alat ini sudah masuk dalam e-katalog LKPP dengan mekanisme pembelian e-purchasing seharga EUR 850.000.-

Hadir dalam pertemuan tersebut, Anggota DPRD Minahasa Chintya Friska Keintjem dan Benny Mambu, Asisten I Dr Denny Mangala MSi dan sejumlah pejabat Pemkab Minahasa. (rom)