Gangguan Transmisi 150 kV, Listrik Sulawesi Utara Padam Seharian

Reporter : | 25 Mei, 2016 - 7:40 pm WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Listrik di hampir seluruh Sulawesi Utara padam seharian. Informasi yang didapatkan Manado Today dari Kanal FB PLN Suluttenggo, hal ini disebabkan pasokan listrik pada sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo yang terhubung dalam satu interkoneksi transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi 150.000 volt (SUTT-150 kV) mengalami kendala berupa padam secara menyeluruh di 3 sub sistem, yaitu : Minahasa, Kotamobagu dan Gorontalo.

Lebih lanjut, sehubungan Gangguan Transmisi 150 kV ini, menyebabkan sejumlah pembangkit besar yang ada mengalami padam dan lepas sinkron dari sistem.

Hal ini yang menyebabkan Pasokan Suplai Listrik di Sistem Interkoneksi Sulawesi Utara – Gorontalo terkendala (padam).

BACA JUGA:

3 Siswa Sulut Peraih Medali di OSN Dapat Hadiah dari OD-SK

Jabat Ketua Mabida Pramuka Sulut, Dondokambey: Pramuka Sulut Harus Maju

Bandrol Rp4,9 M, Tahun Ini Jalan Desa Pisa Diaspal

Pemkot Bitung Akan Usulkan 6 Ranperda ke DPRD Bitung

Kota Ratahan Mulai Diwacanakan

JWS Janji Enceng Gondok Lenyap dari Danu Tondano Tahun 2017

Untuk pemulihan tahap awal, sistem Minahasa, Kotamobagu dan Gorontalo beroperasi secara terpisah (isolated), sehingga banyak penyulang yang mengalami padam.

Saat ini, kondisi suplai listrik di Minahasa, Kotamobagu dan Gorontalo secara bertahap mulai dapat dipulihkan.

PLN Suluttenggo memohon maaf kepada seluruh pelanggan dan masyarakat atas ketidaknyamanan yang saat ini tengah terjadi dan harus dialami pelanggan. Mohon kesabaran dan juga dukungannya agar upaya pemulihan suplai listrik dapat berjalan secepatnya.

Diinformasikan, Petugas PLN baik di pembangkit, pengatur beban transmisi hingga di sisi distribusi saat ini masih terus bekerja dan fokus pada upaya pemulihan sistem termasuk menghidupkan kembali sejumlah pembangkit yang sempat padam dan terlepas dari sistem. (tim)

Baca Juga :

Leave a comment