Irup Hardiknas di Minahasa, JWS: Mari Gelorakan Semangat Bergerak untuk Pendidikan

Reporter : | 02 Mei, 2016 - 10:20 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), menjadi Pembina Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional, yang digelar di Lapangan Manguni Sasaran, Tondano, Senin (2/5/2016).

Upacara yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, Kadis Dikpora Drs Jemmy Maramis, jajaran pejabat Pemkab, diikuti oleh para ASN Pemkab, para Guru dan ribuan Siswa SD, SMP, SMA se-Tondano raya.

Dalam amanatnya, JWS membacakan sambutan Mendikbud RI Anies Baswedan PhD, mengatakan, Hardiknas adalah hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia.

Beliau menyampaikan dukungan yang harus diberikan kepada anak Indonesia untuk memastikan supaya yang mereka pelajari sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

BACA JUGA:

BBGRM XIII dan HKG-PKK ke-44 Tingkat Kota Bitung Dicanangkan

Buwas Launching Website Anti Narkoba se-Indonesia di Tomohon

Warga Minta Pemkab Minahasa Timbun “Kawasan Sepeet” di Kawangkoan

Warga Duga Ada Tenaga Kerja Asing Illegal di PT SEJ

Pejabat Pemkot Bitung Kenakan Pakaian Adat di Upacara Hardiknas

Dikatakan JWS, ada 3 komponen ketrampilan yang dibutuhkan yaitu kualitas karakter meliputi karakter moral antara lain nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, sopan santun, rasa belas kasih. Kedua, karakter kinerja yaitu kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih dan kepemimpinan.

Komponen kedua yaitu literasi dasar, yang memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya. Dan yang terakhir kompetensi, dimana anak Indonesia membutuhkan kompetensi kreativitas, berpikir kritis, memecahkan masalah dan kolaborasi, agar mampu menghadapi masalah yang kompleks di abad 21 ini.

Menurut JWS lagi, dengan tema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”, mari perluas keriaan pendidikan dan kebudayaan.

“Kita gelorakan semangat bergerak untuk pendidikan,” ungkap JWS.

Selanjutnya, JWS menyerahkan Sertifikat Predikat Sekolah Indeks Integritas Penyelenggara UN yang Tinggi 2015 kepada SMKN 3 Tondano, SMKN 2 Tondano, SMK Kr Kawangkoan, SMKN 1 Tombariri, SMPN 3 Tondano dan SMPN 3 Pineleng. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment