Sektor Pertanian Dongkrat Perekonomian dan Serap Tenaga Kerja

Reporter : | 21 Mar, 2016 - 9:01 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Sektor pertanian menjadi salah satu faktor penting dalam pembangunan kemasyarakatan. Pasalnya, sektor ini bisa menjadi pendongkrat perekonomian masyarakat dan akan menyerap tenaga kerja yang berimbas pada pengurangan angka penganguran.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, ketika melakukan dialog interaktif di RRI Manado, Senin (21/3/2016).

“Untuk itu kinerja sektor pertanian di daerah ini, akan kembali digenjot,” ujar Dondokambey.

Lanjutnya, permasalahan utama yang dihadapi para petani adalah pemasaran yang belum maksimal. Para petani tak mampu menjual hasil pertanian dengan harga yang sesuai, bahkan ketika pertanian memasuki masa panen, harga pasaran jatuh. Hal ini berbeda dengan pedagang yang tak merasakan resiko yang sama dengan petani.

Selain itu, potensi pertanian Sulut yang besar pada kenyataannya berbanding terbalik dengan kondisi sebagian besar dari petani kita masih banyak yang termasuk golongan miskin.

“Upaya-upaya pemerintah jangka pendek untuk mengatasi hal tersebut sudah dilaksanakan melalui Program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan) melalui pemberian bantuan bibit kelapa dan cengkih. Kedepannya akan dilaksanakan sejumlah program strategis untuk meningkatkan daya saing produk-produk hasil pertanian,” terang Dondokambey.

Diketahui, pada dialog tersebut orang nomor satu di Sulut ini menjawab berbagai pertanyaan dari masyarakat. Selain itu, menerima pula banyak masukan, terkait pembangunan Sulut kedepan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment