Cegah DBD, Dinkes Mitra Ajak Masyarakat agar Kebersihan Lingkungan

Reporter : | 27 Feb, 2016 - 9:37 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Hingga bulan kedua tahun 2016, sudah dua warga Minahasa Tenggara (Mitra) positif mengidap penyakit  Demam Berdarah Dengue (DBD).

dr Rinny Tamuntuan

dr Rinny Tamuntuan

Ini menjadi tanda awas. Pasalnya, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra, jumlah di tahun 2015,  mencapai 16 kasus, meski tak ada korban yang meningal.

Kepala Dinkes Mitra dr Rinny Tamuntuan menjelaskan, faktor penyebab penyakit DBD akibat lingkungan yang kotor. Masyarakat pada umumnya tidak melakukan proses pencegahan seperti yang selalu diimbau pemerintah, yakni program 3M, yakni  menguras, menutup dan mengubur.
“Kita harus menguras bak mandi setiap hari. Jangan menunda beberapa hari baru dibersihkan,” tandasnya.

Cuaca seperti saat ini dengan curah hujan tinggi tambahnya, sangat rawan dengan DBD. “Kondisi seperti ini yang amat disukai nyamuk Aedes Agypti untuk bersarang dan bertelur,” ujar Kadis.

Untuk itu, harus  rutin memberantas sarang nyamuk di tempat tinggal. Kebersihan lingkungan sangat penting baik di dalam maupun luar rumah.
Sampah-sampah baiknya diperhatikan. Jangan sampai menjadi sarang nyamuk. Terutama di wilayah rawah,” ujarnya.
Dia menambahkan, belum lama ini pihaknya melakukan sosialisasi dan memberikan Abate (sejenis bubuk) untuk kamar mandi.  “Tujuannya untuk mematikan kuman atau jentik nyamuk di dalam air,” tukasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment