Pemkot Bitung Selenggarakan Bimtek Akuntansi Berbasis Akrual

Bimtek Akuntansi , Akrual,  Max Lomban,
Wawali Bitung saat memberikan arahan pada pelaksanaan bimtek ekuntansi berbasis akrual di Hotel Sutan Raja

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Untuk terus mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik dan benar, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, melalui Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) bekerjasama dengan BPKP Provinsi Sulut, melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) akuntansi berbasis akrual, di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara (Minut), Senin (12/1).

Bimtek yang dibuka langsung Wakil Walikota Max Lomban, yang dihadiri Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sulut Sihar Panjaitan, Sekretaris Daerah Kota Edison Humiang, dan Kepala Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Agus Catur Hartanto, diikuti oleh Seluruh Kepala SKPD, PPK, Bendahara Penerima/Pengeluaran dan Pengurus/Penyimpan Barang di Lingkungan Pemerintahan Kota Bitung.

Lomban dalam sambutan menyampaikan penerapan akutansi berbasis akrual saat ini sudah merupakan keharusan bahkan kebutuhan bagi suatu daerah.

“ Dasar dan acuan penerapannya diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintah ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah, “ jelas Lomban.

Lanjut dia, akuntansi berbasis akrual sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah apabila dibandingkan dengan akuntansi yang berbasis kas. Dengan salah satu manfaatnya yaitu memberikan gambaran yang utuh atas posisi keuangan pemerintah daerah.

“ Untuk itu diharapkan para peserta, akan memanfaatkan bimtek ini dengan baik, sehingga hasilnya mampu diimplementasikan di setiap SKPD, sehingga pengelola keuangan dan barang aset di lingkup Pemkot Bitung akan semakin baik,” tutup Lomban. (des)