Sumendap Minta DPRD Mitra Awasi Pemanfaatan Dana Desa

Reporter : | 14 Sep, 2015 - 9:58 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pembangunan di desa-desa di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang sumber anggarannya berasal dari Dana Desa (Dandes), yang merupakan program nasional, diminta agar diawasi oleh Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Hal ini dikatakan Bupati Mitra James Sumendap SH.

Ia meminta agar pembangunan di desa-desa dipantau. ”DPRD Mitra harus mengawasi dana tersebut. Jangan sampai program pembangunan desa, yang adalah program dan dana disediakan oleh Pemerintah Pusat, berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan,” kata Sumendap.

Di sisi lain, Bupati Sumendap meminta agar instansi terkait, yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) agar proaktif membantu desa-desa dalam pengurusan administrasi, untuk mempercepat pencairan. Apalagi, sudah akan masuk pada pencairan tahap kedua. “Pemerintah Pusat akan marah jika programnya berjalan lambat di daerah, karena ini sama saja menghambat pembangunan. Saya minta BPMPD, untuk proaktif membantu dalam proses administrasinya,” tegas Sumendap.

Ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke mengatakan pihaknya siap membantu dalam mengawasi pembangunan. “Kita adalah Mitra kerja pihak eksekutif, tentunya akan menjalankan salah satu tupoksi kami, yakni tugas pengawasan. Dan kami akan menyeriusi pengawasan dan akan melakukan pemantauan di desa-desa, terkait realisasi Dandes,” tukasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment