Minahasa Tenggara Jadi Tuan Rumah Pelatihan SAR se-Sulut

Reporter : | 03 Sep, 2015 - 7:14 pm WITA

 Search And Rescue , SAR sulut, Minahasa Tenggara,  SAR Manado ,Marsono SSos RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pelatihan Search And Rescue (SAR) daerah Sulawesi utara yang dilaksanakan selang 2-6 September 2015 dilaksanakan di Minahasa Tenggara (Mitra). akan dipusatkan di Minahasa Tenggara.

Kegiatan pelatihan potensi SAR berupa pelatihan pertolongan gunung, rimba dan laut (Gurila), kerjasama antara Pemkab Mitra dengan Kantor SAR Manado, Badan SAR Nasional.

Kepala Kantor SAR Manado Marsono SSos mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali sumberdaya manusia di bidang search and rescue di wilayah Mitra serta bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan secara individu atau kelompok dalam penanganan musibah atau kecelakaan pelayaran, penerbangan, gunung meletus atau musibah lainnya.

Sementara Bupati James Sumendap SH melalui Kepala Bagian (Kabag) Tapemhumas Frangky Wowor SSos menambahkan, bupati menyambut baik pelaksanaan pelatihan ini karena berdampak pada kontribusi peserta kepada masyarakat serta membantu pemerintah dalam penaganan musibah di Mitra.

”Kondisi geografis wilayah Mitra yang rawan bencana baik darat maupun laut, perlu dilaksanakan kegiatan seperti ini,” terang Wowor.

Ditambahkannya, peserta pelatihan SAR berasal dari luar daerah dan berbagai instansi dan ormas yang ada di Mitra, serta materi kelas dan lapangan yang diikuti dengan metode materi kelas, praktek lapangan dan simulasi di antaranya pelatihan subtansi Basarnas, UU nomor 29 tahun 2014, MFR, jungle rescue dan water rescue.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment