BKD Sulut Seleksi ASN Teladan Tahun 2015

SULUT, (manadotoday.co.id) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), menggelar seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2015. Kegiatan yang mulai dilaksanakan Rabu (2/9/2015) di ruang C.J. Rantung kantor gubernur Sulut, dibuka Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil M.Pd.

Pada kesempatan itu, Kansil menegaskan supaya ASN hendaknya meneladani ilmu padi, dimana semakin tua semakin merunduk. “Jika mampu melaksanakan itu, merupakan suatu kehormatan yang harus dijaga diiringi dengan besarnya tanggung jawab yang dipukul untuk membuktikan arti keteladanan dalam pengabdian, arti totalitas dalam berkarya dan arti loyalitas dalam dedikasi baik di lingkungan kerja maupun di tengah kehiduoan sosial bermasyarakat,” ujar Kansil.

Dikatan dia, predikat ASN teladan itu harus mampu dijaga dengan baik, tidak ada kesombongan, menganggap diri lebih baik dari orang lain, tapi sebaliknya harus mampu merendahkan diri. “Saya ingatkan dalam sebuah kompetisi, pastilah ada yang akan menjadi pemenang, ada yang tak memperoleh gelar. Namun sesungguhnya kalian semua adalah kader-kader daerah yang memiliki mutu, potensi dan kualifikasi yang baik,” terang Kansil.

Ia menambahkan, ASN yang mengikuti seleksi pegawai teladan ini, sekembalinya ke tempat tugas tampilah menjadi figure-figur pelopor yang layak diteladani baik dalam etika, disiplin maupun dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. “Tunjukanlah kemampuan dan sungguhan untuk mengukir karya pengabdian tanpa dibatasi oleh sekat-sekat, ruang dan waktu, sehingga saudara akan memperoleh kepuasan sendiri dalam menunaikan panggilan tugas mulia ini,” ingat mantan Kadis Diknas Sulut.

Sementara Kaban BKD Dr. Femmy J. Suluh M.Si melalui Kabid JIK dan Keswai Drs. Andra K. Mawuntu mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu untuk menciptakan sosok ASN yang memiliki ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa serta setia pada Pancasila, UU 1945 Negara dan pemerintah serta berpengatahuan, etika yang baik, cerdas, berkualitas, terampil, disiplin, memiliki etos kerja dan bertanggungjawab sehingga dapat dijadikan panutan/teladan bagi masyarakat secara umum dan pegawai lainya secara khusus.

Dia menambahkan, peserta seleksi ini berjumlah 57 ASN dari pejabat struktural Eselon III dilingkungan Pemprov Sulut, 27 ASN dari Kabupaten/Kota se-Sulut, dan 30 ASN pejabat Struktural Eselon IV Pemprov Sulut. “Seleksi dilaksanakan dua tahap, mulai dari tanggal 2 sampai 10 September 2015. Untuk pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah, dilaksanakan pada upacara HUT Provinsi tanggal 23 September 2015,” kata Wawuntu. (ton)