BBPOM Manado Ingatkan Warga Soal Bahan Berbahaya

BBPOM Manado, BBPOM ,bitung, BITUNG, (manadotoday.co.id) – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, mengingatkan warga agar waspada terhadap bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam makanan seperti zat pewarna, borax dan formalin yang mudah didapat dan dijualbelikan dipasar secara bebas.

Hal ini diungkapkan Kepala Balai Besar POM (BBPOM) Manado Dra Susan Gracia Arpan Apt, MSi, pada sosialisasi Forum Advokasi Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor dengan tema “Dalam Rangka Pasar Aman dari Bahan Berbahaya” yang dibuka Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bitung Drs.Malton Andalangi, dan dihadiri Direktorat Pengawasan Produk & Bahan Berbahaya Badan POM Drs Mustofa Apt M Kes, yang dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Rabu (19/8).

“Dari hasil observasi menunjukkan bahwa pasar merupakan simpul penting dalam rantai peredaran bahan berbahaya yang sering disalahgunakan untuk pangan, karena itu perlu diwaspadai,” terangnya sembari menambahkan BBPOM Manado telah memilih pasar winenet untuk diintervensi melalui Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya selama 3 (tiga) tahun.

Sementara itu, Asisiten Bidang Administrasi umum Malton Andalangi, mewakili pemerintah kota Bitung mengapresiasi positif dilaksanakannya sosialisasi, sehingga bisa memberi manfaat positif dalam rangka mencegah penggunaan bahan berbahaya.

“Karena itu diperlukan seluruh pihak akan bersama dan bergandengan tangan mencegah beredarnya barang berbahaya dan pangan yang menggunakan bahan berbahaya seperti borax, formalin, pewarna textil dan sebagainya, serta berupaya mengendalikannya, “ tukas Andalangi.

Diketahui sosialisasi ini dilaksanakan diskusi panel antara Balai POM, DPRD Kota Bitung, BAPPEDA Kota Bitung, Dinas Pasar, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, MUI Kota Bitung, LSM serta pihak-pihak terkait lainnya. (adl)