Spektakuler, ToF Sukses Digelar

Reporter : | 08 Agu, 2015 - 8:32 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Kota Tomohon sukses menggelar Tournament of Flower (ToF) tahun 2015 yang merupakan  kali kelima digelar. Kegiatan utama Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang digelar Sabtu (8/8/2015) menampilkan karya, kreasi dan inovasi putra-putri daerah yang tergabung dalam dekorator atau penata kendaraan hias.

ToF, ToF Filipina, Tomohon Filipina

Float Filipina yang menarik simpati penonton

Menonjolkan ciri khas negara, daerah dan potensi 27 peserta yang ikut membuat penonton yang terdiri dari warga Kota Bunga Tomohon maupun warga luar terkagum-kagum.

Sejak start di Lapangan Eks Rindam Kakaskasen hingga finish di Lapangan Parasamya Walian, sepanjang jalan dipenuhi penonton.

Dalam sambutannya, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, melalui TIFF dengan tema Let’s Join Flower Extravaganza yang di dalamnya ada ToF, Kota Tomohon terus mendunia. ”Objek-objek wisata seerti Danau Linow, Gunung Lokon, Air terjun Pinaras, rumah-rumah panggung Woloan dan objek wisata lainnya terus dikenal. Ini merupakan modalbagi Kota Tomohon dalam mengembangkan pariwisata,” tandas walikota.

Gubernur Sulawesi Utara saat membuka ToF atau  parade kendaraan hias 2015 memberikan  penghargaan yang tinggi kepada pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon yang menggelar iven ini. Sarundajang mengingatkan mimpi dari Charles Holden yang memprakarsai dan memperkenalkan Tounament of Rosses Pasadena.

Dimana sebelumnya Pasadena tidak lirik dan tak terkenal tetapi memiliki Bunga dan memberdayakan potensi bunga yang selanjutnya menjadi mascot yang menjadikan Pasadena sebagai Kota Pariwisata yang terkenal di seluruh dunia. Kali ini, ada enam peserta dari luar negeri.

Amerika Serikat menampilkan gunung Rosemount yang berlatar belakang pahatan wajah-wajah mantan presiden Amerika.  India menampilkan Monumen Taj Mahal dan patung Ganesha . Polandia menampilkan ikon putri duyung yang terkenal dan kesohor di negara tersebut. Filipina memperkenalkan Bunga khas yaitu bunga melati yang juga merupakan bunga nasional negara ini.

Perancis yang menampilkan menara Eifel dan gerbang kemenangan  dengan Sembilan puteri. Begitu juga dengan masing-masing peserta dari kementerian dan lembaga lainnya yang menampilkan ciri khas masing-masing dengan dekorasi bunga yang semuanya adalah hasil dari para kelompok tani yang tersebar di Kota Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment