Cikungunya Serang Warga Suluh, Dinkes Minsel Diminta Proaktif

Reporter : | 29 Jul, 2015 - 7:31 pm WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Wabah penyakit Cikungunya kini meyerang beberapa Warga di Desa Suluh Kecamatan Tatapaan. Sebagai langkah antisipasi, agar penyakit yang membuat persendian tubuh manusia lemas tidak menular ke seluruh warga, salah satu anggota DPRD John Lamia, mengingatkan agar Dinas Kesehatan proaktif melakukan langkah pencegahan.

“Saya berharap Dinkes Minsel secepatnya melakukan langkah pencegahan sehingga penyakit ini tidak menjadi kasus luar biasa,” ujar anggota DPRD dari fraksi partai Golkar, yang mengaku terus mendapatkan keluhan masyarakat yang merupakan bagian dari konstituennya, saat pembahasan Ranperda Laporan Pertannggungjawaban APBD 2014, yang dilaksanakan DPRD Minsel, Rabu (29/7).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Minsel Maritje Pontoh, mengaku pihaknya sudah melakukan beberapa langkah pencegahan agar penyakit ini tidak mewabah,

“Saya sudah perintahkan Pusekesmas melakukan abatesasi dan sosialisasi, mencegah penyakit Cikungunya,” kata Pontoh, yang mengaku telah turun langsung melakukan pengecekan lapangan.

Saat ini menurutnya, di Desa Suluh, ditemukan sedikitnya 10 kasus, Cikungunya, yang kemungkinan besar tergigit nyamuk di kebun. Dan ketika kembali menular ke warga lainnya melalui gigitan nyamuk.

“Karena itu saya imbau warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan jika sudah terserang Cikungunya langsunbg memeriksakan diri di Puskesmas atau Poskesdes terdekat,” tukas Pontoh. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment