Mokodongan Minta Pemkab/Pemkot di Sulut Tak Terlambat dalam Penyusunan APBD 2016

Reporter : | 08 Jul, 2015 - 1:34 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, meminta kepada pemerintah Kabupaten dan Kota di Sulut, supaya tak terlambat dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2016 lalu.

“Belajar dari pengalaman saat penyusunan APBD tahun 2015 lalu di kabupaten dan kota, terdapat keterlambatan dalam pelaksanaan, dan penetapan APBD. Kami berharap di tahun 2016, hal itu tak terjadi lagi,” ungkap Mokodongan,

Kata dia, mengacu pada Permendagri Nomor 52 tahun 2015 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2016 bagi SKPD Provinsi, tim anggaran Pemda, serta Banggar DPRD kabupaten dan kota se Sulut, diharapkan tim anggaran pemerintah kabupaten dan kota mampu merencanakan dan melaksanakan APBD secara optimal.

“Pengelolan APDB harus optimal, sebab saat ini era pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dituntut harus berjalan seimbang dan terpadu dalam kerangka normatif, serta mampu menjawab kebutuhan publik secara maksimal,” tandas Mokodongan.

Lanjut dia, penyusunan APBD tahun anggaran 2016 diperlukan kesatuan persepsi dalam memahami aturan yang berlaku, supaya pada pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan nanti, dapat selaras dan adanya jaminan hukum.

“Mutlak bagi tim penyusun anggaran agar patuh terhadap tahapan dan jadwal penyusunan APBD, supaya tercapai penyusunan anggaran yang berkualitas, menghindari sanksi keterlambatan,” ingatnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment