Bupati Minahasa: Camat Harus Kreatif Tagih PBB

Reporter : | 10 Jun, 2015 - 4:18 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow M.Si meminta kepada seluruh Camat agar dalam memaksimalkan penarikan pajak bumi dan bangunan (PBB), harus bisa melahirkan ide-ide kreatif dalam menyakinkan masyarakat untuk membayar kewajibannya kepada negara dalam bentuk PBB.

Ide kreatif menurut Sajow, bisa saja dalam bentuk apa yang harus dilakukan supaya bisa menarik perhatian dan mampu melahirkan kesadaran bagi masyarakat.

“Selama ini masyarakat sudah bisa dengan cara penarikan pajak dor to dor yang dilakukan oleh para staf PNS maupun aparat yang di tugaskan. Harus ada pemikiran yang kreatif untuk bisa di praktekkan, sehingga masyarakat tidak merasa terbeban dengan kewajibannya membayar PBB,” ucap Sajow.

Kata dia, PBB merupakan penghasilan negara yang kini telah di serahkan pengelolaannya ke pemerintah kabupaten/kota, harus bisa di maksimalkan pencapaiannya. Sebab dengan begitu maka semakin banyak infrastruktur serta sarana yang di bangun yang semuanya di pergunakan untuk kelancaran tugas masyarakat. PBB masih merupakan pemasukan yang sangat di andalkan, sehingga butuh upaya-upaya yang serius untuk mengoptimalkan pemasukannya. Salah satu tugas camat adalah meningkatkan pemasukan PBB, ini menjadi tantangan tersendiri, sebab dengan begitu akan menjadi salah satu ukuran keberhasilan seorang camat dalam mengemban tugas yang telah di berikan.

“Saya berharap para camat bisa berbuat lebih lagi, agar potensi PBB bisa tergarap lebih baik lagi,” harap JWS sapaan familiar Sajow. (rom)

 

Baca Juga :

Leave a comment