Aktifitas Masih Tinggi, Sewaktu-waktu Gunung Lokon Bisa Meletus

Reporter : | 03 Jun, 2015 - 11:45 am WITA

Gunung Lokon, tomohon, pendakian lokon, Mahawu Farid Bina

Gunung Lokon

TOMOHON, (manadotoday.co.id) – Kendati terlihat tenang, namun kondisi Gunung Lokon di Tomohon Sulawesi Utara masih berbahaya. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Lokon dan Mahawu Farid Bina mengungkapkan, hingga saat ini aktifitas Gunung Lokon masih tinggi. ”Gempa masih terus terjadi. Memang dari luar tidak kelihatan. Tapi, sesungguhnya aktifitasnya masih tinggi dan sewaktu-waktu bisa meletus,” ungkap Farid kepada manadotoday.co.id Rabu (3/6/2015).

Farid mengimbau kepada warga agar tidak melakukan pendakian. Sebab, jika terjadi letusan saat ada pendaki, akan berakibat fatal. ”Sebenarnya, sejak tahun 2011 lalu, saat Gunung Lokon meletus dan ditetapkan statusnya menjadi siaga atau Level III hingga saat ini, tidak boleh ada pendakian. Tapi, sepertinya banyak yang tidak mengindahkannya,” tukas Farid.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Tomohon Drs Robby Kalangi SH MM mengatakan, pihaknya terus melarang warga yang hendak mendaki di Gunung Lokon. ”Masih telah memasang tulisan-tulisan di sejumlah titik di samping kerjasama dengan kelurahan menampatkan orang. Hanya saja, masih banyak yang tak mengindahkan larangan ini,” katanya seraya berharap kerjasama dan pengertian dari warga Tomohon maupun luar Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment