Wagub Sulut Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ke-70

Reporter : | 01 Jun, 2015 - 6:39 pm WITA

FB_IMG_1432808769439SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil Mpd, memimpin pelaksanaan Upacara memperingati hari lahirnya Pancasila ke-70, yang dilaksanakan di Lapangan KONI Sario Manado, Senin (1/6/2015).

Dalam sambutannya, Kansil mengatakan semangat hari lahirnya Pancasila merupakan barometer kerukunan bangsa.

“Momentum peringatan hari lahirnya pancasila ini, adalah sarana untuk mengevaluasi keadaan demi menyegarkan semangat dalam membangun masa depan bangsa, sejarah telah membuktikan perjuangan pendiri bangsa Indonesia yakni Bung Karno dalam merumuskan pancasila sebagai dasar bangsa menghasilkan rakyat Indonesia yang kuat dan bersatu menghadapi berbagai persoalan bangsa,” kata Kansil.

Lanjutnya, warga Sulut sebagai bagian dari NKRI memiliki peran aktif dalam membangun bangsa, Indonesia memiliki jiwa dan semangat warga bangsa yang majemuk, butuh pengabdian tanpa membedakan asal usul demi membangun daerah Nyiur Melambai.

“Oleh karena itu, diharapkan generasi muda sulut untuk senantiasa mengingat kembali makna dan tujuan para pejuang kemerdekaan dan menjadikan pancasila sebagai dasar dan idiologi negara. Generasi muda juga tidak lupa mengaktualisasikan nilai fundamental yang dimiliki pancasila dalam kehidupan sehari hari,” tandasnya.

Ketua DPRD Sulut Drs Steven Kandow dalam refleksi pancasila mengatakan, Pancasila menjadi identitas hidup dan karakter hidup generasi masa depan Indonesia yang bermoral, memiliki semangat juang dalam upaya mencapai cita-cita bangsa yang kuat, untuk dapat hidup berdampingan damai dengan bangsa lain.

Sedangkan Sekretaris Panitia Jendri Sualang, mengatakan kegiatan ini telah dilaksanakan serentak di tiga kota yakni DKI Jakarta, Blitar dan Sulut yang di pusatkan di Kota Manado.

Lanjut Kabid Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan Diknas Sulut ini, kegiatan peringatan hari lahirnya Pancasila ini dirangkaikan dengan lomba gerak jalan Empat Pilar Kebangsaa yang diikuti oleh 4750 peserta yanh terdiri dari sekolah SMP dan SMA dari Kabupaten Kota se Sulut, gerak jalan mengambil rute start dari lapangan koni sario dan finish di kantor Gubernur Sulut, kampanye anti narkoba, lomba pidato, vocal group, lomba mengambar dalam rangka gebyiar generasi pancasila yang di pusatkan di Kantor Gubernur Sulut.

Turut hadir juga dalam upacara tersebut, jajaran. Forkopimda Sulut, Sekprov Sulut Ir. Siswa R Mokodongan, pejabat di lingkup Pemprov Sulut, dan pelajar dari berbagai sekolah di Provinsi Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment