Akibat Banjir Bandang Mitra, 10 Hektar Padi Siap Panen Rusak

Reporter : | 17 Mei, 2015 - 1:34 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id)- Dampak banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) , Jumat pekan lalu, turut merusak sawah milik para petani di Kecamatan Posumaen.

Sedikitnya 10 hektar padi sawah yang siap panen rusak akibat banjir tersebut, ditambah sejumlah padi sawah yang baru saja ditanam.

”Ada tiga desa yang mempunyai lahan sawah rusak cukup parah akibat banjir bandang,” kata Camat Posumaen Drs Hersi Tuuk kepada manadotoday.co.id.

Dijelaskannya, sawah di tiga desa tersebut yakni di Desa Minanga Tiga, Desa Tatengesan dan Desa Makalu Selatan.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Mitra Ir Elly Sangian ME mengakui adanya kerusakan sawah warga ini akibat banjir bandang.  Sangian mengatakan, data sementara yang dirangkum pihaknya di lapangan, kerusakan sawah akibat bencana ini seluas 10 hektare. Dia menambahkan, kebanyakan sawah yang mengalami kerusakan adalah persawahan yang sudah siap panen.

“Memang bervariasi, tapi ada yang padinya sudah mau dipanen pekan ini. Untuk bantuan kepada para petani kami akan menyiapkan bibit dan pupuk bagi petani,” tandas Elly. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment