Jumat, Pengumuman Hasil UN Tingkat SMA/Sederajad di Sulut

Reporter : | 11 Mei, 2015 - 11:18 pm WITA

Penyerahan Hasil UN Tingkat SMA/Sederajat ke Diknas Kabupaten/Kota se-Sulut

UN, Hasil UN

Wagub Sulut Djouhari Kansil ketika menyerahkan hasil UN kepada Kepala-kepala Diknas Kabupaten dan Kota se-Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Jika tak ada aral melintang, Jumat (15/5/2015) nanti, pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat SMA/Sederajat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dilaksanakan. Hal tersebut terungkap di acara penyerahan hasil UN tingkat SMA/Sederajat Tahun Pelajaran 2014/2015, oleh Wakil Gubernur Djouhari Kansil kepada Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten dan Kota se- Sulut untuk diteruskan kepada seluruh Kepala Sekolah, di ruang SDM Diknas Sulut, Senin (11/5/2015).

“Ssesuai jadwal, hasil UN ini akan dibawa ke sekolah untuk kemudian masing-masing sekolah melakukan Rapat Penentuan Kelulusan dengan melibatkan semua guru di sekolah. Sedangkan pengumuman kelulusan berlangsung Jumat 15 Mei 2015, mengingat hari kamis merupakan hari libur resmi,” ujar Kepala Diknas Sulut A.G. Kawatu.

Lanjutnya, untuk pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat di Sulut. selama Empat hari, telah berlangsung dengan baik dan semua unsur penyelengara baik di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota, sampai ke Satuan Pendidikan Sekolah.

“Termasuk pihak Perguruan Tinggi Universitas Negeri Manado (UNIMA,red) yang melakukan proses Scanning LJUN, telah melaksanakannya sesuai POS UN 2015,” ujar Kawatu.

Sementara Wagub Kansil dalam sambutannya, mengingatkan para siswa melalui Kepala Sekolah untuk memahami bahwa hasil UN dan kelulusan dari jenjang SMA sederajat ini, hanya merupakan sasaran. Yang lebih penting lagi bagi para siswa adalah mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan atau mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja bagi siswa SMK.

“Sangat diperlukan pembentukan karakter siswa yang nantinya akan menjadi bekal yang sangat berarti bagi mereka untuk melangkan ke tahap berikutnya,” ungkap Kansil.

Lanjutnya, dihimbau agar ketika hari pengumuman kelulusan yang akan dilakukan oleh sekolah masing-masing, dilakukan pada sore hari dan jangan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk melakukan perayaan kelulusan secara berlebihan.

“Termasuk tak melakukan aksi corat-coret seragam atau konvoy kendaraan roda 2 atau 4 yang dapat membahayakan. Lebih baik baju seragam dikumpul dan diserahkan kepada adik kelas yang berasal dari keluarga kurang mampu,” ajak Kansil.

Dalam acara itu, dilanjutkan dengan penyerahan Hadiah Motor dari PT. Honda kepada Kepala SMA Kr. Eben Haezar Manado Drs. Jemmy Jermias yang telah melalui penilaian dan ditetapkan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi. Selain itu, diumumkan siswa-siswa yang berhasil meraih Total Nilai tertinggi yang merupakan gabungan nilai semester 1 sampai dengan emester 6 untuk SMA dan semester 1 sampai dengan 5 untuk SMK, ditambah dengan nilai Ujian Sekolah dan Ujian Kompetensi Kejuruan khusus untuk SMK.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pihak Puspendik Balitbang Kemdikbud RI tak lagi mengeluarkan hasil nilai murni Ujian Nasional seperti tahun tahun sebelumnya. Hal ini sebagi konsekwensi penentuan kelulusan yang sepenuhnya dilakukan di sekolah.

Lima besar siswa yang mendapatkan jumlah nilai total terbaik untuk 6 mata pelajaran yang diujikan di SMA/MA sesuai Program masing-masing adalah :

Untuk Program Bahasa :

(1). Steli Estefina Kakomole, siswi SMA N 1 Tamako total nilai 502,2.

(2). Susanti Sisiagu Manumpil, siswi SMA N 1 Tamako total nilai 499,2

(3). Ardila Kahimpong, SMA N 1 Tamako, total nilai 494,5

(4). Stevi Aprilia Mutiara , SMA N 1 Manado, total nilai 491,8

(5). Inggrid Enggli Hariawang, SMA N 1 Tamako, total nilai 490,5.

Program IPA :

(1). Matthew Manuel Tumewah, SMA Kat Rex Mundi Manado, total nilai 568,6

(2). Andrew Joshua Suganda, SMA N 9 Manado, total nilai 554,2

(3). Jessica Natalia Soenarto, SMA Kat Rex Mundi manado, total nilai 553,4

(4). Terry Alfreda Putri Apituley, SMA N 9 Manado, total nilai 552,0

(5). Gilbert Ansell Limen, SMA Kat Rex Mundi Manado, total nilai 551,7.

Program IPS :

(1). Tasya Ester Loijens, SMA N 9 Manado, total nilai 489,7

(2). Windy Novita Putri Andes Rotinsulu, SMA Kat Don Bosco Manado, total nilai 488,7

(3). Julycia Verent Manderos, SMA Kat Rex Mundi Manado, total nilai 488,0

(4). Riheven Jansye Pua, SMA N 8 Manado, total nilai 485,

(5). Joshua Kenji Tatuil, SMA MIS Kolongan, total nilai 485,2.

Untuk SMK :

(1). Lisa Arianti Gaib, SMK Karisma Totabuan Kotamobagu, total nilai 357,9

(2). Wendari Monita Paputungan, SMK Karisma Totabuan Kotambobagu, Total Nilai 356,3

(3). Rendi Mokoginta, SMK Karisma Kotamobagu, total nilai 354,8

(4). Rifko Steidy Manopo, SMK N 1 Tareran, total nilai 353,8

(5). Vhandi Dwi Yanto, SMK Karisma Totabuan Kotamobagu, total nilai 352,3. (ton)

 

Baca Juga :

1 comment

  1. Verny kilapong mengatakan:

    Selamat atas Prestasi 3 terbaik Se-SULUT untuk SMKN 1 Amurang Barat diTewasen Minahasa Selatan?#TetapSemangat

Leave a comment