Cara Cegah Perilaku Buruk Anak Terkait Makanan dan Obat Terlarang

Reporter : | 06 Mei, 2015 - 2:41 pm WITA

Obat Terlarang, makanan sehat, anak, Perilaku Buruk AnakManadoToday – Bagian dari tanggung jawab sebagai orang tua adalah untuk mengajar anak bagaimana menjalani kehidupan yang sehat saat sekarang dan ketika mereka dewasa.

Waktu terbaik untuk mulai mengajarkan pelajaran ini kepada anak-anak adalah ketika mereka masih muda, sebelum pilihan yang tidak sehat menjadi kebiasaan buruk. Ketika Anda menyampaikan kebiasaan sehat untuk anak-anak anda, penting untuk mempraktekkan apa yang anda katakan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu anak anda menghindari perilaku tidak sehat.

Gizi buruk dan kurangnya aktivitas fisik: Anak-anak terlalu banyak makan makanan lemak tinggi, makanan tinggi gula dan menghabiskan waktu lebih sedikit untuk aktif secara fisik. Masalah berat badan yang berkembang selama masa kanak-kanak dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari.

Apa yang harus dilakukan?

– Perhatikan jenis makanan yang dibeli. Batasi jumlah “junk food” yang anak-anak Anda makan. Sebaliknya, berikan banyak buah-buahan segar dan sayuran.

– Beri makanan sehat dengan ukuran porsi yang tepat serta dorong anak untuk minum banyak air atau susu bukan minuman buah rendah kalori dan soda.

– Batasi jumlah waktu anak-anak menghabiskan waktu didepan televisi, menggunakan komputer atau bermain video game serta membuat aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas keluarga. Berjalan-jalan, mengunjungi kolam atau pergi bersepeda bersama-sama. serta dorong anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Tembakau, alkohol dan obat-obatan lainnya: Anak-anak mudah penasaran tentang narkoba di usia muda. Bahkan, banyak anak-anak sudah mencoba alkohol dan ganja saat mereka mencapai sekolah menengah. Semakin cepat anda mulai berbicara dengan anak-anak tentang bahaya menggunakan tembakau, minum alkohol dan menggunakan obat lain, semakin besar kemungkinan mereka akan menghindari itu.

Apa yang harus dilakukan?

– Jelaskan bahwa mereka tidak diperbolehkan untuk merokok, minum alkohol atau menggunakan obat-obatan lainnya serta menetapkan hukuman yang jelas jika mereka melanggar aturan.

– Jelaskan bagaimana zat ini dapat merusak tubuh mereka serta dorong mereka untuk mengajukan pertanyaan terkait itu. Sebuah kisah nyata mungkin bisa menarik perhatian anak-anak lebih efektif daripada fakta dan statistik.

– Beri mereka contoh nyata dari orang-orang yang telah menggunakan alkohol, tembakau atau obat-obatan lainnya.

РCari tahu teman-teman anak anda dan orang tua teman-teman mereka. Selalu minta informasi dimana dimana mereka akan pergi, apa yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka pulang serta bagaimana  cara menghubungi mereka.

– Berikan contoh yang baik: Perhatikan!! perilaku anda dapat mempengaruhi anak-anak anda. Misalnya, ketika mereka melihat Anda menggunakan tembakau, mereka juga akan menggunakan tembakau.

Baca Juga :

Leave a comment