OD-JWS Bekali Peserta Sosialisasi Dana Desa di Minahasa

Reporter : | 17 Apr, 2015 - 10:45 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Ketua Fraksi PDIP DPR RI Olly Dondokambey SE dan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi membekali peserta Sosialisasi Dana Desa Tahun 2015 di Minahasa pada Jumat (17/4) di BPU Tondano.

Kegiatan yang juga menampilkan Nara Sumber dari Kementrian Keuangan, Kemendagri dan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi ini, dibuka pelaksanaannya oleh Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi yang diawali dengan sambutan Sekretaris Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI.

Dalam sambutannya, Sekda Korengkeng mengatakan bahwa strategi pemerintah untuk mengatasi ketimpangan pembangunan yaitu dengan melaksanakan pembangunan nasional yang menaruh perhatian besar terhadap pembangunan desa.

Diterbitkannya UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa yang diikuti dengan PP No 43 tahun 2014 tentang Desa dan PP No 60 tahun 2014 tentang Dana

Desa yang bersumber dari APBN, memberikan harapan meningkatknya kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan SDA dan lingkungan secara berkelanjutan.

Pengelolaan Dana Desa merupakan satu kesatuan dalam pengelolaan keuangan Desa yang direncanakan dan disusun berdasarkan RKP Desa dan RPJM Desa yang terintegrasi dan tidak terpisahkan dengan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Minahasa yang tertuang dalam RPJMD Minahasa tahun 2013-2018.

“Pengelolaan keuangan Desa secara keseluruhan harus dilaksanakan secara terencana mulai dari penyusunan RPJM-Desa, penyusunan RKP-Desa, Penyusunan APB-Desa sampai pada pelaksanaan, evaluasi, pelaporan dan pertanggungjawaban kegiatan,”urai Sekda.

Diharapkannya agar para Hukum Tua menggunakan dana ini secara terukur, terarah serta dapat dipertanggungjawabkan. (Rom)

 

Baca Juga :

Leave a comment