Hijaukan Hutan, Dishut Minsel Budidayakan Gaharu

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Untuk mendukung program menanam 1 milyar pohon, Dinas Kehutanan (Dishut) Minahasa Selatan (Minsel) membudidayakan pohon gaharu yang nantinya akan ditanam di areal perkebunan dan hutan yang ada di 17 Kecamatan Kabupaten Minsel.

Kepala Dinas Kehutanan Minsel Ir Frans Tilaar, mengatakan agar program penanaman bibit ini sukses setiap kepala keluarga akan diberikan 5 bibit Gaharu.

Selain itu pihaknya juga akan melibatkan akademisi dan pakar dari Perguruan tinggi ternama di Sulut untuk membantu program ini sehingga berjalan dengan baik.

“Dan program ini penting, dalm rangka mengantisipasi kerusakan lingkungan, sehingga warga akan terhindar dari bencana ,” imbuhnya.

Disamping menjaga alam dari kerusakan pohon Gaharu, ternyata memiliki nilai investasi dan ekonomis tinggi. Dimana pada usia sekitar 9-10 tahun kedepan, setelah ditanam, harga jual setiap pohon bisa mencapai puluhan juta.

“Saat ini saja untuk 1 pohon Gaharu dengan usia panen pada 9-10 tahun sudah bisa mencapai Rp 50 Juta hingga Rp 75 juta,” tukasnya.(lou)

Add Comment