Pemkab Minahasa Gelar Sosialisasi Penanggulangan Penyakit Zoonosis

Reporter : | 13 Feb, 2015 - 10:55 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa melalui Bagian Adm Kesra Setdakab Minahasa, menggelar kegiatan sosialisasi fasilitasi dan koordinasi penanggulangan penyakit zoonosis (penyakit menular), di ruang sidang Kantor Bupati, Tondano, Jumat (13/2/2015).

Kegiatan yang diikuti para Kepala Seksi Kesos Kecamatan, Sekretaris Kelurahan/Desa se-Minahasa ini, dibuka Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Drs. Denny Mangala MSi.

Kegiatan diawali laporan Kepala Bagian Adm Kesra Drs. Arodi Tangkere MAP. Menurutnya, kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber diantaranya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa dr. Juliana Dewi Kaunang MKes.

Sementara Mangala dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini sangat penting, agar masyarakat bisa tahu dan mewaspadai penyakit menular yang disebabkan hewan peliharaan maupun satwa liar.

‘Kesehatan faktor yang paling penting dalam kehidupan. Standar pelayanan dan promosi kesehatan selamanya mengacu pada rumah tangga sehat,” ujar Mangala.

Ditambahkannya, lewat kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan ide yang perlu direkomendasikan untuk pengambilan kebijakan khususnya di bidang kesehatan antara lain penerapan pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat, terlebih khusus di keluarga dan penerapannya lewat pembinaan dan sosialisasi.

“Kegiatan ini diharapkan memberi pemahaman tentang bagaimana cara menyikapi masalah pencegahan dan penanggulangan zoonosis bagi masyarakat di Kabupaten Minahasa,” ungkap Mangala. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment