Ratusan Rumah di Bitung Rusak Akibat Banjir

Reporter : | 06 Feb, 2015 - 9:17 am WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Banjir yang melanda Kota Bitung, Rabu (4/2), mengakibatkan ratusan rumah di sejumlah kelurahan rusak karena terendam air. Bukan hanya itu akibat terjangan banjir areal Pertanian dan Peternakan milik warga serta infrastruktur jalan rusak berat, sehingga mengakibatkan kerugian mencapai milyaran rupiah.

Dari data yang diperoleh di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, sekitar 115 rumah milik warga rusak akibat diterjang banjir dan tanah longsor yakni di kelurahan Paceda sekitar 10 rumah rusak karena banjir pasir, Wangurer Barat 15 rumah warga akibart banjir pasir, Manembo-nembo Bawah 60 rumah terendam air, Girian Bawah 15 rumah, Pateten 5 rumah, Madidir Ure 6 rumah dan Kakenturan 1 rumah karena tanah longsor.

“Ini baru data sementara. Dan kita akan terus mendata jumlah rumah yang rusak akibat banjir dan tanah longsor untuk kemudian ditindaklanjuti dengan memberikan bantuan,” ujar Ketua BPBD Kota Bitung Adri Supit.

Sementara kerugian lainnya yang diakibatkan bencana banjir ini, juga dialami kelompok usaha padat karya Karang Taruna Bitung. Dimana kolam Ikan siap panen berukuran 15 x 20 meter yang berisi sekitar 15 ribu ekor ikan, yang lokasinya tepat berada di pinggiran sungai Girian, hanyut terbawa derasnya air.

“Kerugian diperkirakan sebesar Rp60 Juta, jika 15 ekor ikan itu tiba sampai masa panen,” ujar Sekretaris Karang Taruna Kota Bitung Desly Sumampouw.

Sementara untuk infrastruktur jalan yang rusak yakni Bahu jalan di ruas jalan 46 runtuh akibat banjir pasir. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment