Manfaatkan Lahan Tidur, Kodim 1310 Bitung Ajak Petani Menanam

Reporter : | 25 Feb, 2015 - 8:44 am WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) –
Sebagai aparat keamanan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) bukan hanya bertugas menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman musuh, tapi juga memiliki kepedulian menjaga kedaulatan Pangan.

Buktinya, yang dilakukan Komando distrik militer (Kodim) 1310 Bitung, untuk menunjang program ketahanan Nasional dan Kedaulatan Pamgan, saat ini sudah berhasil menanam jagung diatas lahan seluas 80 hektar, di wilayah Kota Bitung dan Minahasa Utara.

”Selain Jagung kita juga akan menanam Padi. Dan akan terus memanfaatkan lahan tidur tanpa menargetkan berapa hektar yang akan ditanami, ” ujar Dandim 1310 Bitung, Letkol Inf Rofiq Yusuf, belum lama ini.

Dikatakan Rofiq, digalakannya program menanam ini mengingat saat ini di wilayah Minut dan Bitung, banyak lahan tidur yang produktif tapi belum digarap.

”Tujuannya untuk mengajak pemilik lahan menanam dan memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif,” katanya.

Untuk menunjang program sentuh tanah ini, Rofiq mengatakan pihaknya akan turut melibatkan 125 anggota Babinsa di wilayah Bitung dan Minut,yang merupakan wilayah Kodim 1310

”Kita juga mengajak para pengusaha yang ada di Kota Bitung dan Minut untuk turut serta membantu agar program kedaulatan Pangan berlangsung sukses,” ujarnya menambahkan 80 hektar tanaman jagung yang telah ditanam merupakan bantuan PT MSM. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment