Eceng Gondok Terus Meluas di DAS Tondano

enceng gondok, minahasa , tondano, das tondanoTONDANO, (manado24.com) – Masalah eceng gondok di danau Tondano, terus menjadi sorotan berbagai kalangan. Pasalnya, tanaman tersebut terus tumbuh subur di danau Tondano, bahkan kini meluas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano.

Pantauan manado24.com, Senin (26/1/2015), di DAS Tondano yang merupakan sumber utama untuk pembangkit arus listrik PLTU Tanggari, makin ditumbuhi tanam hijau tersebut.

Sejumlah pemerhati lingkungan berharap agar pemerintah segera melakukan aksi untuk melakukan pengangkatan EG.

“Kami kira pemerintah kabnupaten yang paling bertanggung akan hal ini,” ucap pemerhati lingkugan Harly Umbas.

Dia pun meminta kepada pihak PLN yang juga memiliki andil dalam DAS tersebut untuk turun tangan dan jangan seolah-olah menumpakan hal ini kepada pemerintah.

“Ini jelas bukan sekedar tanggung-jawab pemerintah namun juga pihal terkait dalam hal ini PT PLN yang punya kepentingan atas DAS ini,” tuturnya. (rom)

2 thoughts on “Eceng Gondok Terus Meluas di DAS Tondano

  1. Sudah 4 tahun saya berusaha masalah perkembangan enceng gondok yang ditumbuh di danau Tondano, bekerja sama dengan orang politik. Setalah saya ketemu Pemda di Tondano tgl 24 november yang lalu, saya dengar permintaannya dan saya sudah mendapat solusi untuk memodali perlengkapan yang mengolah eceng gondok jadi papan panel multipleks dan untuk memasarkan produksinya. Tetapi sampai saat ini saya menunggu kabar selanjutnya. Jumlah tenaga kerja di pabrik 50. Keperluan pemancing untuk memanenkan tangkai eceng gondok mencapai sekitar 500. Berdoalah agar orang yang bertanggung jawab jadi lebih reaktif demi rakyat. Salam.

  2. Setalah saya ketemu Pemda di Tondano tgl 24 november yang lalu dan dengar permintaannya dan saya sudah mendapat solusi untuk memodali perlengkapan yang mengolah eceng gondok jadi papan panel multipleks dan untuk memasarkan produksinya. Jumlah tenaga kerja (pabrik dan pemancing) mencapai sekitar 500 orang. Salam.

Add Comment