Olly Sampaikan Capaian Pembangunan Sulut di Rakorev RKPD Tahun 2018

rakorev rkpd
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw, menghadiri Rapat Koordinasi Pembangunan dan Evaluasi (Rakorev) Hasil Pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten/Kota Tahun 2018 se Provinsi Sulut di Graha Novotel Convention Center Manado, Kamis (21/2/2019).

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw, menghadiri Rapat Koordinasi Pembangunan dan Evaluasi (Rakorev) Hasil Pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten/Kota Tahun 2018 se Provinsi Sulut di Graha Novotel Convention Center Manado, Kamis (21/2/2019).

Pada kesempatan itu, Olly mengapresiasi  Bupati dan Wali Kota atas kehadiran dalam rakorev tersebut.

“Saya berterima kasih bupati dan walikota yang hadir di sini. Ini menandakan adanya semangat yang sama, komitmen bersama kita untuk membangun Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Olly sekaligus membuka acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Olly menyampaikan pencapaian pembangunan melalui sepuluh program prioritas yang diraih selama dirinya bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw memimpin Bumi Nyiur Melambai. Pencapaian pembangunan itu diantaranya adalah penanggulangan kemiskinan dan pengangguran yang menurun berdasar rilis bersama dengan Jawa Pos dan Badan Pusat Statistik.

Demikian juga dengan pembangunan pendidikan Sulut diapresiasi dengan penghargaan Kihajar Dewantara.  Adapula pembangunan kesehatan dimana tingkat kepuasan masyarakat meningkat. Pelaksanaan pembangunan Sulut juga tak lepas dari apresiasi kementerian PUPR yang memberi penilaian khusus kepada Provinsi Sulut.

“Kementerian PU memberi apresiasi, dengan memberi bonus tambahan anggaran pembangunan secara khusus yang kita dapatkan dua tahun berturut-turut,” jelasnya.

Lanjut Olly, kedaulatan pangan, pertanian, kepulauan, kemaritiman dimana ekspor ikan meningkat dengan tajam. Bidang Trantibmas dimana pengamanan dari TNI dan POLRI berjalan degan baik sehingga masyarakat maupun wisatawan menjadi aman dan nyaman.

Kendati demikian, berbagai keberhasilan tersebut ada juga persoalan yang terjadi. Untuk itu, pada Rakorev ini Gubernur mengharapkan agar semua masalah terselesaikan. Serta perlu untuk terus dipacu serta dioptimalkan.

“Oleh karenanya, evaluasi terhadap rentetan kerja yang telah kita laksanakan perlu dilakukan, guna perbaikan-perbaikan konstruktif kedepan,” imbuhnya.

Olly juga memaparkan, penyelenggaraan pemerintahan daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat dimana efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah menjadi asas yang perlu terus ditingkatkan dengan tetap memperhatikan aspek-aspek hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah dan antar daerah.

“Keberhasilan Bapak/Ibu sebagai Bupati/Walikota adalah mencerminkan apa yang dirangkum dalam Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara. Semoga melalui Rakorev ini, di tahun 2019 bisa diselesaikan segala persoalan masyarakat yang menjadi komitmen kita bersama,” pungkasnya.

Kepala Bappeda Sulut Ricky Toemandoek mengatakan tujuan diadakannya rapat ini untuk mendapatkan laporan dari masing-masing bupati dan walikota terkait RKPD kabupaten/kota.

“Hasil dari laporan itu akan menjadi bahan masukan penyusuan perencanaan program dan kerja tahun 2020,” tuturnya.

Selain para Bupati dan Wali Kota, hadir pula pada Rakorev ini, Sekprov Edwin Silangen, Perwakilan OJK dan Bank Indonesia, Forkopimda dan instansi vertikal serta pejabat struktural di Lingkup Pemprov Sulut. (ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.