Bupati Sumendap Hadiri Perayaan Hari Raya Pangan se-Dunia Tahun 2020

Bupati Sumendap Hadiri Perayaan Hari Raya Pangan se-Dunia Tahun 2020

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Bupati James Sumendap SH, menghadiri Peringatan Hari Raya Pangan (HPS) se-Dunia tahun 2020 yang dilaksanakan di Paroki St. Lukas Ratahan, Desa Rasi, Kecamatan Ratahan, Jumat (16/10/2020).

Dalam acara tersebut, digelar ibadah yang dipimpin uskup keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC, didampingi Pastor Paroki St Lukas Ratahan, Lexsi Nangoy Pr, sekaligus dilakukan pemberkatan lahan, alat-alat pertanian, dan benih.

Meski dalam suasana pendemi virus corona seluruh umat dan masyarakat diajak untuk ‘Bangun Kemandirian Pangan di Masa Covid-19’. Di masa pandemi Covid-19, Ayo kita makan sehat, ayo menanam, ayo berbagi!’ menjadi sebuah ungkapan tepat untuk mengajak semua pihak turut serta menyukseskan HPS Tahun 2020.

Dikatakan Uskup, lahan ini merupakan berkat dan akan menjadi berkat bagi semua jika ditanggapi dengan positif, relevan, dan proaktif, seperti dalam bacaan Injil ‘benih ditaburkan oleh Tuhan di mana-mana’, sebagai gambaran dari Tuhan yang memberi berkat.

“Kita semua diberi talenta, seperti dalam Injil ada yang diberi satu talenta, ada yang dua, dan lainnya. Ini tergantung pada kemampuan kita mengembangkan,” ujarnya.

Sehingga dikatakan Bapa Uskup, walau satu lebih sedikit dari lima, tapi kalau itu diberdayakan dan dikembangkan, akan jadi berkat yang melimpah, bahkan jadi berkat bagi banyak orang.

Baca Juga:
1 of 1.173

“Lahan ini agar diatur sedemikian rupa sehingga dapat diberdayakan, tapi bukan hanya lahan, melainkan umat dan masyarakat juga diberdayakan lewat lahan ini,” katanya.

Uskup Manado juga tak lupa berterima kasih atas lahan tersebut yang adalah berkat kerja sama dari berbagai pihak.

“Terima kasih juga untuk Bupati Mitra yang sudah membantu dalam proses IMB (Izin Mendirikan Bangunan,red),” ungkap Mgr. Benedictus E. R. Untu, MSC.

Sementara Bupati James Sumendap SH, memberikan mengapresiasi pelaksanaan perayaan HPS Tahun 2020 di Keuskupan Manado yang digelar di Kabupaten Mitra.

Lanjut ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten Mitra akan turut mendukung upaya pembangunan Gereja di Paroki St. Lukas Ratahan.

“Pemerintah akan turut mendukung pembangunan Gereja dan siap membantu sebesar 300 juta rupiah,” tandas Bupati.

Di akhir kegiatan ditutup dengan penandatanganan prasasti dan penanaman bibit oleh Bapa Uskup Manado dan Bupati Mitra.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati, Jesaja Legi, Sekretaris Daerah, David Lalandos, serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya. (ten)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.