Dinas Kesehatan Mitra Bentuk Satgas Pencegahan Virus Corona

received_2528660790579524RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Covid-19 (Virus Corona) terus menjadi masalah tbesar saat ini untuk pihak medis dunia. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), lewat Dinas Kesehatan (Dinkes), bakal membentuk Satgas Pencegahan Virus mematikan ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Dinkes Mitra dr. Helny Ratuliu. Saat ini kita sementara membentuk satgas yang dimaksud untuk mencegah masuknya virus tersebut.

“Kita saat ini membentuk satgas pencegahan dan kewaspadaan terhadap masuknya virus Corona ini,” tutur Ratuliu, Senin (9/3/2020).

Langkah tersebut terus diseriusi dinas terkait. Diketahui saat ini, pihaknya tinggal menunggu surat keputusan (SK) dari Bupati James Sumendap SH, untuk mulai jalan.

“Satgas ini, dibentuk bersama dengan beberapa stakeholder yang ada seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Pol PP, Kepala Puskesmas, Camat dan Kumtua/Lurah yang ada di lingkup Pemkab Mitra,” tandasnya.

Pihaknya menilai, langkah ini merupakan langkah cepat untuk membatasi bila masuknya virus tersebut didaerah kita.

“Dengan adanya tim ini, kita bisa langsung mendeteksi apabila ada masyarakat yang memiliki gejala virus tersebut. Sehingga kita bisa cepat mengambil tindakan dalam hal ini,” ujar Helny.

Helny menjelaskan, seperti halnya para hukum tua, yang sangat mengenal masyarakatnya.

“Nantinya masyarakat yang memiliki riwayat kerja diluar daerah, para hukum tua/lurah yang ada di setiap desa, bisa mengontrol masyarakatnya. Untuk itu, koordinasi tim harus konsisten,” pungkasnya.

Meski begitu, pihaknya berharap adanya kerjasama masyarakat juga dalam hal ini untuk menyikapi langkah pemerintah lewat dinas terkait.

“Untuk itu, dihimbau kepada masyarakat. Apabila mendapati warga yang memiliki gejala layaknya virus Corona, agar segera mungkin melaporkannya di puskesmas terdekat untuk diperiksa. Dan apabila memiliki kesamaan, bakal segera di rujuk ke Rumah Sakit yang ada. Hal ini kiranya bisa menjadi perhatian kita semua dalam menangkal virus ini,” tutup Kadis Dinkes. (ten)