Polimdo Siap Gelar NTVSC dan Munas Konsersium Kepariwisataan

MANADO, (manadotoday.co.id)–Politeknik Negeri Manado (Polimdo) siap menjadi tuan rumah National Tourism Vocational Skill Competition (NTVSC) 2019 dan Musyawarah Nasional Konsersium Kepariwisataan Politeknik se – Indonesia ke-2 yang akan dilaksanakan 16-18 September 2019.IMG-20190705-WA0018

Untuk itu, panitia yang diketuai Dannie RS Oroh SPi MSi terus menunjukkan komitmen dan kesiapannya menjadi tuan rumah dengan terus menjalin kerja sama baik itu dengan pihak pemerintah maupun swasta.

”Kami telah melobi pihak manajemen hotel Sintesa Peninsuka untuk dijadikan tempat akomodasi bagi peserta,” ungkap Oroh seraya menambahkan pihaknya sangat serius untuk melaksanakan kegiatan bertaraf nasional oleh Kementerian Ristek Dikti lewat Dirjen Badan Koordinasi Kemahasiswaan (Bakorma).

“Sebagai salah satu Politeknik Negeri yang unggul di Bidang Vokasi Pariwisata, Politeknik Negeri Manado siap menjadi tuan rumah ajang bergengsi bertaraf nasional. Untuk pertama kali, Polimdo terpilih menjadi pionir penyelenggara Kompetisi Mahasiswa Bidang Kepariwisataan,” tandas Oroh.

Panitia NTVSC 2019 foto bersama GM Sintesa Peninsula Hotel Mr I Putu Anom Dharmaya
Panitia NTVSC 2019 foto bersama GM Sintesa Peninsula Hotel Mr I Putu Anom Dharmaya

Oroh yang mantan jurnalis handal ini menambahkan, kegiatan NTVSC 2019 ini merupakan program perdana Bakorma Politeknik Negeri se-Indonesia yang mengusung tema ”Tantangan Kepariwisatan dalam Era Revolusi Industri 4.0”.

”Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas peserta didik serta mutu perguruan tinggi khususnya Politeknik dengan mengundang sembilan Politeknik Negeri di Indonesia yang mempunyai jurusan dan program studi pariwisata,” tukasnya.

Kompetisi yang akan dilaksanakan lanjut Oroh didamping Sekretaris Panitia Dr Seska Mengko, khusus di bidang kepariwisataan terbagi atas lima cabang, yakni Making Bad, Cooking, Diving Skill, Tour Guiding dan Flair Bartending.

Pada bagian lain, Sekretaris Jenderal Konserium Kepariwisataan Politeknik Negeri se-Indonesia Oktavianus Lintong SPi MSi yang juga Ketua Jurusan Pariwisata Polimdo mengaku bangga dipercayakan untuk melaksanakan Munas Kepariwisataan Politeknik Negeri se-Indonesia ke-2.,

Diketahui selain mengundang para Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia, Panitia juga mengundang pejabat negara yang terkait dengan kegiatan ini dan rencananya akan dibuka Menristek dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Direktur Politeknik Negeri Manado, Ir Evert N Slat MT mengatakan sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan Kementerian Ristek Dikti untuk menyelenggarakan kegiatan yang pertama kali dalam bidang kepariwisataan.
“Kami semua bersyukur, Polimdo dipercaya menjadi tuan rumah. ini kesempatan bagi seluruh civitas akademika untuk membuktikan prestasi dan kompetensi mereka
di bidang kepariwisataan,” ungkap Direktur. Ia pun berharap agar mahasiswa Jurusan Pariwisata yang menjadi utusan Polimdo dapat mencetak prestasi terbaiknya pada kegiatan ini.

Politeknik yang ada Jurusan dan Prodi Pariwisata se-Indonesia adalah Politeknik Manado, Politeknik Bali, Politeknik Kupang, Politeknik Banyuwangi, Politeknik Bandung, Politeknik Palembang, Politeknik Indonusa Surakarta, Politeknik Samarinda serta Politeknik Sambas. (*/ark)