Peringati Hari OTDA ke-21, Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Goverment

tmp-cam-1788168245RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memperingati hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXI Tahun 2017, bertempat di halaman kantor bupati, Selasa (25/04).

Asisten I Drs. G.H Mamahit mewakili bupati yang menjadi Inspektur Upacara, ketika membacakan amanat menteri dalam negeri Republik Indonesia menyatakan bahwa dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan rakyat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah. Inilah tujuan utama otonomi daerah yang harus menjadi prioritas kebijakan daerah pada setiap pemerintah daerah di Indonesia.

Tema Hari OTDA ke XXI tahun 2017 ini adalah ‘Dengan semangat otonomi daerah, kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui E- Goverment’.

Lebih lanjut Mamahit mangatakan, Pemerintah Daerah juga ditegaskan tentang penggunaan tehnologi dan komunikasi dalam rangka pelayanan publik.

“Hal ini diatur dalam undang- undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, bahwa pemda dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, olehnya pemda senantiasa berinisiatif untuk mengelola pelayanan publik berbasis elektronik- govermment”, tegasnya.

Mamahit menambahkan, Pememerintah Daerah juga perlu memperhatikan capaian kinerja, karena merupakan kewajiban pemda untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Manfaatkan seluruh potensi sumber daya daerah dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dengan melibatkan seluruh warga mayarakat dan kalangan dunia usaha,” harap Mamahit.(ten)