Tumbuhkan Kesadaran Warga Tentang Sapta Pesona, Dispar Bentuk Pokdarwis Pulau Bunaken

Tumbuhkan Kesadaran Warga Tentang Sapta Pesona, Dispar Bentuk Pokdarwis Pulau Bunaken
Tumbuhkan Kesadaran Warga Tentang Sapta Pesona, Dispar Bentuk Pokdarwis Pulau Bunaken

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dinas Pariwisata Kota Manado menggelar kegiatan Pembengkalan dan Pelatihan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, 18-19 Agustus 2020.

Asisten II Recky Sondakh usai membuka kegiatan tersebut mewakili Wali Kota G.S Vicky Lumentut mengatakan, kelompok sadar wisata yang dibentuk hari ini akan menjadi pelaku-pelaku utama dalam kepariwisataan di Kota Manado khususnya di Bunaken.

“Mereka ini juga mempunyai tugas untuk mengedukasi masyarakat tentang 7 Sapta Pesona yaitu, keindahan, kenyamanan, aman, bersih, tertip, kenangan, supaya para turis yang akan datang khususnya ke Bunaken merasa puas dengan pelayanan di sini, puas dengan lingkungan di sini,”kata Sondakh, Rabu (19/8/2020).

Selain itu menurut dia, budaya adalah hal yang utama dalam hal kepariwisataan dibandingkan infrastruktur.

“Kalau bicara infrastruktur mungkin banyak tempat yang lebih bagus, tapi kalau bicara buadaya, keberagaman lingkungan, Bunaken yang sudah mendunia. Kerena itu kita harus jaga dan kembangkan,”tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Lenda Pelealu menambahkan, Pokdarwis ini nantinya akan menjadi motor untuk menumbuhkan kesadaran warga tentang pentingnya Sapta Pesona.

“Peran mereka untuk menjaga parawisata di sini tetap lestari, bisa bertahan sampai ratusan tahu karena warganya sadar untuk menjaga lingkungan,”ungkap Pelealu didampingi Kabid PK3 Dinas Pariwisata Steven Runtuwene.(ryan)