Rumah Singga RSUD Mitra Sehat Miliki Stok 70 Paket APD

mitra sehatRATAHAN ,(manadotoday­.co.id) – Ketersediaan alat pelindung diri (APD) menjadi prioritas di setiap rumah sakit di tengah Pandemi Covid-19.

Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) tepatnya di rumah singgah RSUD Mitra sehat, Pemkab Mitra terus menjaga ketersediaan APD yang memadai selama dokter dan perawat melakukan tindakan kepada setiap pasien.

Direktur Utama RSUD Mitra Sehat dr Lusy Mewengkang mengatakan, hingga saat ini pihak rumah sakit masih memiliki stok APD yang memadai.

“Hingga saat ini, masih ada 70 APD berupa Azhmat (jubah) yang disiagakan selama para dokter dan perawat melakukan pemeriksaan terhadap pasien dan pelaku perjalanan dari luar daerah,” ujar Mewengkang, Jumat (11/6/2020).

Ia menekankan, alat tersebut merupakan salah satu yang harus diprioritaskan apalagi di situasi wabah seperti ini.

“Kita terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra terkait ketersediaan APD. Bila nantinya mulai menipis, akan dilakukan pengadaan lagi,” terang Dirut RS.

“Apalagi saat ini sudah ketamabahan dengan total pelaku perjalananan sebanyak 41 orang. Itu diluar pasien biasa yang datang memeriksakan diri di RS. Kita juga tetap sediakan dalam bentuk pelayanan kesehatan apapun,” ungkapnya.

Mewengkang berharap agar selama penanganan Covid-19, ketersediaan APD bisa terus tercukupi.

“Diharapakan seperti itu, karena lonjakan pelaku perjalanan dari luar daerah terus bertambah lebih dari satu yang masuk di rumah singgah hampir setiap hari. Otomatis penggunaan APD akan lebih banyak lagi,” jelas Lusy.

Ia menambahkan, saat ini pemanfaatan ruangan untuk pelaku perjalanan perlu ditambah.

“Ada beberapa ruangan yang kita fungsikan sebagai ruangan rawat pelaku perjalanan selama karantina 14 hari,” kunci Mewengkang. (ten)

Add Comment