Jumat Disalurkan, Baru 18 KK Terverifikasi Penerima BLT Dana Desa

Jumat di Salurkan, Baru 18 KK Terverifikasi Penerima BLT Dana DesaRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah pendemi virus corona.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masayrakat dan Desa (PMD) Royke Lumingas mengatakan, saat kini, Pemkab Mitra sedang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (Dandes)

“Jadi untuk penyaluran BLT dari Dandes setiap desa saat ini sementara dilakukan proses verifikasi data yang telah dikumpulkan,” kata Lumingas, Rabu (6/5/2020).

Diketahui, saat ini sudah ada 18 Kepala Keluarga (KK) yang telah selesai diverifikasi atas kerjasama pihak Bank Sulut Go (BSG).

“Hingga hari ini, masih terus berlanjut verifikasinya. Nantinya data yang ada untuk tahap ini segera disalurkan pada Jumat (8/5/2020) mendatang,” ujarnya.

Adapun 18 KK yang dimaksud tergabung dari dua desa yang berbeda yakni Desa Wioi sebanyak 12 KK dan Wioi Satu 6 KK.

“Ada juga dari desa Esandom, bila hari ini waktu mencukupkan untuk dilakukan verifikasi, namun yang pastinya untuk kedua desa tersebut, bakal siap disalurkan,” terang Lumingas.

Ia menjelaskan, penerima bantuan dari dana Dandes ini diluar dari data penerima manfaat apapun.

“Jadi perlu diperhatikan, untuk penyaluran BLT Dandes ini, kita tidak menggunakan data penerima PKH atau penerima manfaat lainnya,” tandas Kadis PMD.

Sementara untuk anggarannya diambil sebanyak 25 persen dari Dandes 800 juta dan 30 persen dari Dandes diatas 800 juta.

“Anggaran tersebut pun tak harus dihabiskan. Kita melihat data penerima yang benar terdampak Covid-19 dan memenuhi kriteria penerima BLT,” pungkasnya.

Lumingas menambahakan, untuk setiap desa juga tak diberikan kuota berapa banyak untuk penerima BLT.

“Memang ada informasi, keluhan warga terkait data yang dikumpulkan dari hasil musyawara desa tak sesuai dengan data yang masuk ke Dinas PMD. Perlu diluruskan, setiap desa tak ditanamkan kuota berapa banyak yang bakal menerima BLT. Kami melakukan pendataan berdasarkan data pasti dan tepat sasaran,” jelas Lumingas. (ten)