Dipimpin Presiden Jokowi, Gubernur Olly Ikut Musrenbangnas Secara Virtual

olly musrembangnas
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, mengikuti Musrenbangnas Tahun 2020 secara virtual yang dibuka Presiden Joko Widodo.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengikuti Musrenbangnas Tahun 2020 secara virtual yang dibuka Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Dalam musrenbangnas itu, turut diikuti pula Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan seluruh kepala daerah di Indonesia.

Selain mengingatkan penanganan pandemi covid-19 menjadi prioritas, Presiden Jokowi meminta semua jajaran bekerja keras dan cepat agar nantinya 2021 Indonesia sudah cepat pulih kembali.

“Saya optimis 2021 adalah tahun pemulihan dan rebound,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan selain kecepatan mengatasi corona, pemulihan juga harus menjadi prioritas. Menurutnya, hal itu penting agar ekonomi bisa berjalan dengan normal seperti sedia kala.

“Selain kecepatan mengatasi Covid-19, kita perlu kecepatan untuk pemulihan,” ungkapnya.

Lanjut Jokowi, setiap kepada daerah diminta untuk mendata secara detail industri yang terdampak. Kepala daerah juga diminta merancang strategi agar ekonomi kembali normal.

“ldentifikasi detail, memilah secara cermat sektor apa yang terkena dampak paling parah, sektor apa yang dampaknya sedang, dan sektor apa yang bertahan dan justru dapat mengambil peluang yang ada,” tandasnya.

Jokowi juga menyebut pandemi Covid-19 momentum melakukan evaluasi. Evaluasi seperti ketergantungan impor dengan negara lain, ketahanan pangan, dan ketahanan ekonomi.

“Kita perlu melihat kembali apa yang perlu kita reformasi dan kita pulihkan,” tutupnya. (ton)