Langkah GSVL Agar Seluruh Warga yang Layak Terima Bantuan Dapat Tercover

KPU
Lakukan Validasi Data, GSVL: Semua yang Layak Menerima Bantuan Harus Tercover
Lakukan Validasi Data, GSVL: Semua yang Layak Menerima Bantuan Harus Tercover

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemkot Manado saat ini sedang melakukan verifikasi data masyarakat penerima bantuan berupa sembako bagi masyarakat terdampak virus corona.

Menurut Wali Kota G.S Vicky Lumentut, dalam rapat dengan Menkopolhukam Mahfud Md dan Mendagri Tito Karnavian, kedua menteri tersebut juga menekankan berhati-hati dengan data, agar dalam penyaluran bantuan nanti tidak ada tumpang tindih dikarenakan pemerintah pusat tidak dapat mencover seluruh masyarakat yang ada di 34 provinsi.

“Jangan ada yang sudah terima bantuan dari pusat dapat juga (bantuan) dari provinsi dan kota, makanya data ini harus disiapkan sehingga mereka yang layak menerima bantuan dapat tercover semua,”jelas Lumentut saat menggelar konferensi pers di kantor Walikota Manado, Kamis (9/4/2020).

Ia mengatakan, data saat ini yang masuk ada 73 ribu lebih KK, data itu nantinya akan diverifikasi di Dukcapil untuk melihat apakah betul mereka semuanya penduduk Kota Manado. Jika ditemukan ada yang dari luar Kota Manado akan dikeluarkan.

Setelah itu, data akan dikembalikan ke kecamatan, kelurahan lalu lingkungan, untuk dilakukan validasi data dengan cara diumumkan langsung ke masyarakat.

“Kalau ada yang tidak layak saya harap masyarakat bisa koreksi, misalnya ada PNS yang punya penghasilan tetap tapi bisa dapat bantuan, atau sebaliknya ada yang layak tapi tidak ada namanya. Karena itu validasi ini sangat penting menurut saya untuk mendapat umpan balik dari masyarakat di lingkungan,”ujarnya.

Data hasil validasi nantinya akan ditarik kembali untuk dibuatkan surat keputusan wali kota tentang nama calon penerima bantuan social safety net atau jaring pengaman sosial untuk melindungi pekerja informal dan harian di tengah wabah virus corona.

“Data ini nantinya juga akan dikirim ke mendagri dan gubernur, supaya saat ketika datang lagi bantuan bisa dibagi mana yang dapat bantuan dari pemerintah pusat, mana yang dibantu provinsi, sisanya kami yang bantu supaya tidak terjadi tumpang tindih, ada yang terima double atau triple,”tukas Wali Kota Manado, G.S Vicky Lumentut.(ryan)

bawaslu tomohon

Add Comment