Penanganan COVID-19, Pemkab Mitra Siapkan Dana APD Rp 3,2 M

Penanganan Covid-19, Pemkab Mitra Siapkan Dana APD Rp 3,2 MRATAHAN ,(manadotoday­.co.id) РPemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) gelontorkan anggaran mendadak (urgent) untuk penanganan Covid-19 sebanyak 3,2 Miliar.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekertaris daerah (Sekda) David Lalandos saat dikonfirmasi hari ini Selasa (23/3/2020) disela-sela pembahasan pergeseran anggaran tersebut di ruangan Kepala Badan Keuangan Mitra.

“Untuk saat ini, anggaran yang diusulkan Pemkab yang sementara di ahas bersama Ketua DPRD Mitra bersama Wakil Ketua DPRD Mitra dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra. Ada sekitar 3,2 Miliar,” tutur Sekda Lalandos.

Anggaran tersebut menurut Sekda, bakal digunakan untuk belanja Alat Pelindung Diri (APD) selama masa penanganan dan pencegahan Covid-19 di Mitra.

“Anggaran ini, bakal diperuntukan untuk belanja APD seperti masker dan hand sanitizer. Untuk itu, sebelum diputuskam, saat ini sementara dibahas bersama pihak DPRD lewat Teleconfrence,” jelas Sekda.

Ia mengatakan, anggaran tersebut nantinya bakal bertambah usai disepakati dan sudah ada pembelanjaan APD

“Nantinya, anggaran tersebut bakal bertambah. Ada juga anggaran yang dipersiapkan untuk penanganan Covid-19 di RSUD Mitra Sehat,” terang Lalandos.

Diketahui, anggaran awal ini diambil dari program pemerintah yang belum sempat jalan hingga bulan Mei selama masa inkubasi Covid-19.

“Dana ini, kita geser dari sejumlah program selama masa karantina ini. Kan sudah ada instruksi, selama masa karantina tidak ada program yang jalan. Nah anggaran tersebut yang nantinya dimanfaatkan untuk belanja APD Salah satunya program perjalanan dinas dan rapat per SKPD yang ada,” pungkas Sekda.

Pihaknya berharap, agar dalam pembahasan hari ini, sudah bisa disepakati pihak DPRD Mitra.

“Harapannya seperti itu, agar supaya upaya cepat bakal dilakukan mengingat perkembangan Covid-19 terus naik dan ketersediaan APD sangat minim,” harap Sekda. (ten)

Add Comment