Bupati James Sumendap Hadiri Rakornas BNPB di Bogor

Bupati James Sumendap Hadiri Rakornas BNPB di BogorBOGOR, (manadotoday.c­o.id) – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) menghadiri Rapat Koordinasi Nasioanal (Rakornas) penanggulangan bencana, yang dilaksanakan BNPB. Kegiatan tersebut dibuka langsung Presiden Joko Widodo di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020)

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyoroti lemahnya manajemen kebencanaan di sejumlah daerah.

“Saya meminta seluruh daerah jangan hanya mengandalkan infrastruktur untuk mencegah bencana, tapi yang utama harus ada perbaikan ekologi,” tegas Presiden dihadapan peserta perwakilan seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Presiden juga mengajak seluruh unsur pemerintah dan masyarakat agar dapat bergandengan tangan meminimalisir dampak negatif bencana dengan upaya menjaga kelestarian alam.

“Kita jaga alam, alam jaga kita,” ujar Presiden.

Sementara itu, Bupati James Sumendap usai mengikuti rapat mengatakan, sangat tepat diadakan rapat koordinasi nasional ini guna sinergitas penyelenggara penanggulamgan bencana antara BNPB dengan kementerian terkait dan BPBD seluruh indonesia.

“Jadi dengan Rakornas ini tentu kami berharap sinergitas dari pemerintah pusat dengan daerah dapat terjalin, sehingga penanganan bencana dapat dilakukan secara maksimal,” harap Bupati.

Bupati juga berjanji akan terus meningkatkan kapasitas penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Mitra serta menyiapkan anggaran yang cukup sesuai kemampuan APBD dalam mengatasi bencana yang mungkin terjadi di Mitra.

Selain itu, dikatakan bapak pembangunan Mitra ini bahwa dengan adanya slogan dan moto ‘Mitra Hebat, Bergerak Cepat’ tentu hal-hal yang menyangkut becana alam sudah sangat siap diantisipasi.

“Jadi, para hukum tua dan camat se-Mitra sudah dimintakan untuk melakukan koordinasi dengan BPBD untuk melakukan tidakan cepat tanggap. Apa bila sewaktu-waktu terjadi bencana, masalah dapat teratasi lebih cepat,” kunci Bupati JS.(ten)