Buka Sosialisasi Perempuan Anti Korupsi, Wabup Legi Apresiasi DWP Mitra

Buka Sosialisasi Peremupan Anti Korupsi, Wabup Legi Apresiasi Dharma Wanita Persatuan MitraRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Jesaja Legi mengatakan, perempuan adalah sosok sentral dalam keluarga, yang memberi andil besar dalam tindak pencegahan korupsi.

Hal ini dikatakan Jesaja Legi kala mewakili Bupati James Sumendap membuka dan memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi Perempuan Anti Korupsi yang digelar di Sport Hall Pemkab Mitra, Selasa (22/10/2019).

“Wanita berperan penting dalam menentukan arah perkembangan suami dan anak agar jauh dari tindak kriminal luar biasa (extraordinary crime),” katanya.

Ditambahkannya, posisi perempuan dalam keluarga sangat penting dan dapat mencegah serta mengingatkan suami agar tidak menyalahgunakan jabatan dan tidak terlibat dalam korupsi.

“Selain itu, kajian oleh KPK menyatakan bahwa 80 sampai 85 persen pendidikan yang diperoleh anak berasal dari ibunya,” ujar Jesaja Legi.

Lanjut ditambahkannya, pelaksanaan kegiatan tersebut oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Mitra yang diketuai oleh Jola Ngongoloy-Kandowangk­o patut diapresiasi.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan integritas individu kaum perempuan, khususnya para istri pejabat, agar tahan uji dan godaan terhadap perilaku korupsi.

“Keterlibatan dan konstribusi kaum perempuan sangat penting dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Saya harap semua dapat mengikuti sosialisasi dengan baik sehingga kapasitas perempuan dapat meningkat dan mampu memberikan dampak positif sehingga tingkat korupsi dalam tatanan pemerintah dan masyarakat dapat menurun,” sebut suami dari Wakil Ketua TP PKK Erni Rondonuwu ini.

Sementara Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Minahasa Tenggara Jola Ngongoloy-Kandowangk­o dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman dan membangun pola pikir anti korupsi bagi kaum perempuan.

“Kiranya kegiatan ini dapat meningkatkan peran kaum perempuan dan memberi manfaat serta dampak bagi kemajuan Kabupaten Minahasa Tenggara,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua TP PKK Pdt Erni Legi Rondonuwu STh, Sekretaris Daerah Sekda Mitra Robby Ngongoloy, serta nara sumber, yakni Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Utara Helda Tirajoh dan Kanit Tipikor Polres Minsel AIPDA Steven Pinangkaan. (ten)