Pemkab Banyuwangi Kagum Ide Pemkot Manado Memfestivalkan Perayaan Keagamaan

Staf Ahli Bupati Banyuwangi Bidang SDM, H. Dwiyanto
Staf Ahli Bupati Banyuwangi Bidang SDM, H. Dwiyanto

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Banyuwangi dalam hal ini Staf Ahli Bidang SDM, H. Dwiyanto mengaku kagum dengan langkah cerdas Wali Kota G.S Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan dalam menggali potensi pariwisata yang ada di Kota Manado.

Menurut Dwiyanto, salah satu hal menarik yang mereka tangkap saat melakukan kunjungan kerja Pemkot Manado bertempat di Kantor Dinas Pariwisata, Rabu (4/9/2019), adalah bagaimana perayaan keagamaan di-festivalkan.

“Salah satu hal yang menarik adalah bagaimana perayaan keagamaan dikemas sedemikian rupa menjadi sebuah festival di Kota Manado, yang dapat menarik kunjungan wisatawan sekaligus mempererat kerukunan, ini sangat bagus, nanti kami akan sampaikan ke Bupati Banyuwangi,”ujar Dwiyanto yang pada kunjungan tersebut diterima oleh Asisten II Nora Lumentut, Sekretaris Dispar Manado, Ferry Albert Woy serta Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, Abdiel Bajen.

Selain itu kata dia, mereka juga ingin belajar bagaimana pengelolaan pariwisata di Kota Manado, karena berdasarkan informasi dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya, tingkat kunjungan wisatawan di Kota Manado dari tahun 2015-2018 naik 800 persen, tertinggi di Indonesia.

Foto bersama rombongan Pemkab Banyuwangi
Foto bersama rombongan Pemkab Banyuwangi

“Berdasarkan info dari Pak Menteri, kami diutus oleh Pak Bupati untuk mencari kiat-kiat apa sehingga bisa ada kenaikan setinggi itu, bahkan tadi Ibu Asisten dr Nora sudah mengatakan salah satu kiatnya adalah membuka penerbangan langsung dari luar negeri dan bekerja sama dengan pembuat film dengan latar belakangnya adalah tempat-tempat wisata di Kota Manado,”tuturnya.

Ia pun berharap ilmu yang sudah didapatkan di Kota Manado dapat diterapkan di Kabupaten Banyuwangi terutama di bidang pariwisata.

“Karena saat ini Pemkab Banyuwangi sedang menjadikan pariwisata sebagai salah satu unggulan dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat,”tukas Staf Ahli Bupati Banyuwangi Bidang SDM, H. Dwiyanto.(ryan)

Berikut beberapa festival keagamaan yang digelar di Kota Manado:

– Festival Imlek

– Cap Go Meh

– Festival Ogoh-ogoh

– Festival Paskah

– Festival Idul Fitri

– Christmas Vaganza

Add Comment