Gandeng TP-PKK, Dinas Kesehatan Mitra Gelar Sosialisasi PTM dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Gandeng TP-PKK, Dinas Kesehatan Mitra Gelar Sosialisasi Penyakit Tidak Menular Dan Deteksi Dini Kanker Leher RahimRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan TP-PKK Minahasa Tenggara melaksanakan kegiatan sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim kepada Peserta PKK dan Kader Kesehatan, Senin (24/6/19) di sport hal kantor bupati.

Kepala Dinas Kesehatan dr Helni Ratuliu mengatakan, ini merupakan bukti komitmen bagi suksesnya pembangunan kesehatan di tanah air khususnya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kanker leher rahim di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Secara global dan nasional kita dihadapkan masalah kesehatan baik penyakit menular dan penyakit tidak menular serta penyakit kanker semakin meningkat,penyakit tidak menular telah meningkat tajam seiring dengan perubahan gaya hidup dan perilaku tidak sehat masyarakat,”kata Helny.

Lanjutnya, Kabupaten Mitra pada tahun 2014 bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unsrat melaksanakan Kegiatan deteksi dini kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA.

“Namun disayangkan tingkat partisipasi masyarakat masih sangat kurang, sehingga dari tahun ke tahun angka kematian yang disebabkan penyakit tidak menular meningkat diantaranya Hipertensi, Stroke, di­abetes Miletus, Jantung dan lainnya,” beber Helny.

Karena masih tingginya angka kejadian kanker leher rahim wanita usia subur serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam skrining kanker leher rahim dan meningkatnya jumlah kematian yang disebabkan penyakit tidak menular, maka sangatlah perlu sosialisasi penyakit tidak menular dan deteksi dini kanker leher rahim kepada masyarakat.

“Untuk itu melalui sosialisasi ini maka peran PKK sangatlah penting dalam membantu petugas kesehatan dalam menekan angka kematian yang disebabkan penyakit tidak menular,” terang Ratuliu.

Pada kesempatan tersebut Helny, menyampaikan banyak terima kasih kepada TP-PKK Mitra yang dipimpin Djein Leonora Rende SE.Ak (DLR) yang sudah membantu Dinas Kesehatan dalam kegiatan ini.

“Saya berikan apresiasi peran dari TP-PKK yang sudah banyak membantu Dinkes dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kesehatan khusunya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kanker leher rahim di kabupaten Minahasa Tenggara,”ucap Helny.

Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Mitra Djein Leonora Rende SE.Ak berharap kader PKK mampu berperan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat khususnya melalui program-progam kesehatan.

‘’Saya mengapresiasi PKK baik di tingkat Kecamatan sampai desa yang telah membantu program permerintah
Dalam mensosialisasikan, penyadaran kesehatan terhadap masyarakat dan ini menjadi komitmen TP-PKK Kabupaten Mitra untuk mendukung program nasional menjadikan Indonesia sehat,”tutup DLR.(ten)

Add Comment