Pemkab Mitra Hadiri Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE di Jakarta

JAKARTA, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam hal ini Dinas Kominfo menghadiri kegiatan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2018, di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Gubernur serta Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Mewakili Bupati James Sumendap SH, Kasih Aplikasi dan pengembangan Telematika Selvie Maerah, SIP, menyampaikan, penerapan SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-government, berdampak pada integrasi sistem sehingga dapat meningkatkan efisiensi. Implementasi SPBE yang terpadu ini bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

“SPBE ini untuk mensinkronkan semua infrastruktur yang sudah ada. supaya terintegrasi sehingga menghasilkan sebuah efektifitas dan efisiensi dan berujung pada pelayanan publik,” Jelas Selvie.

Dia menambahkan, kegiatan ini sangat penting untuk daerah dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya menginformasikan sistem pemerintah baik dari pusat maupun daerah.

“Selain menyelaraskan program dan sistem pemerintah antara pusat dengan daerah,” ujar Selvie.

Dilanjutkannya, SPBE ini juga dapat mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. “Pedoman evaluasi ini mengatur tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi SPBE akan di terapkan di Kabupaten Minahasa Tenggara,”tandasnya.

Pada kesempatan tersebut dilanjutkan dengan sosialisasi PP No 95 tahun 2018 tentang SPBE.(ten)

Add Comment