Triwulan I, Pemkab Mitra Salurkan 1,8 Miliar untuk Keluarga Berduka

Bantuan Sosial Duka, james sumendap, jocke legi, RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Komitmen untuk terus membantu setiap lapisan masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus dilakukan James Sumendap dan Jocke Legi sebagai bupati dan wakil bupati.

Dalam waktu 3 bulan di tahun 2019, sejak Januari-Maret, Pemkab Mitra sudah menyalurkan Rp1.841.000.000 untuk keluarga yang mengalami musibah kematian.

Untuk itu, pantas jika Bupati James Sumendap dan Wabup Jocke Legi disebut sebagai pemimpin yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Sebab, lewat program Bantuan Sosial Duka, sebanyak 263 keluarga telah dibantu diawal tahun 2019 ini, dimana setiap keluarga menerima Rp7 juta.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Mitra Mecky Tumimomor melalui Bendahara Bansos Andreas Rogahang menuturkan, penyaluran Bansos Duka diproses secepat mungkin, agar keluarga berduka bisa langsung menerima bantuan tersebut.

“Kita sudah membagikan formulir di setiap desa. Jika terjadi peristiwa duka, pihak desa, dalam hal ini Hukum Tua atau Lurah, tinggal mengisi nama orang yang meninggal dan siapa ahli warisnya. Formulir itu dibawah ke Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, untuk dilakukan verifikasi dan penerbitan akte kematian,” jelas Rogahang.

Jika sudah memiliki Akte Kematian, lanjutnya, pihak desa membawah Akte Kematian dan disposisi dari pihak Capil untuk dilakukan proses pencairan Dana Bansos Duka.

“Prosesnya tidak lama. Pihak Capil akan memprioritaskan penerbitan Akte Kematian. Begitupun BKD. Jika sudah lengkap berkas, langsung dilakukan proses pencairan,” tegas Rogahang.(ten)