Dinas P3A Manado Gelar Pelatihan Tenaga Kesehatan Puskesmas Ramah Anak

Dinas P3A Manado Gelar Pelatihan Tenaga Kesehatan Puskesmas Ramah Anak
Dinas P3A Manado Gelar Pelatihan Tenaga Kesehatan Puskesmas Ramah Anak

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), menggelar kegiatan Pelatihan Tenaga Kesehatan Puskesmas Ramah Anak pada Selasa (12/3/2019).

Kegiatan pelatihan yersebut,dihadiri oleh para lurah dan kepala puskesmas se-Kota Manado.

Kepala Dinas P3A Esther Mamangkey dalam arahannya mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai panduan teknis pelaksanaan pelayanan ramah anak di puskesmas dalam rangka peningkatan pemenuhan hak anak atas kesehatan.

“Puskesmas disebut Puskesmas yang sudah ramah anak jika sumber daya manusianya sudah mendapatkan pelatihan, sosialisasi atau orientasi tentang hak anak, serta sarana prasarana dan lingkungan (puskesmas) sudah memenuhi kebutuhan anak,”jelas Esther Mamangkey.

Lanjutnya, tenaga kesehatan dan pengelola puskesmas dengan pelayanan ramah anak harus memahami hak anak secara komprehensif melalui pelatihan dan sosialiasi tentang Konvensi Hak Anak (KHA) yang merupakan perjanjian internasional tentang hak asasi anak.

“Pelatihan dan sosialiasi tersebut untuk memberikan pemahaman tentang hak anak dan prinsip hak anak dalam KHA, agar nantinya bisa terbangun sikap peduli atas kebutuhan anak dan mampu berkomunikasi efektif dengan mereka,”katanya.

Karena itu, dia berharap agar para peserta dapat mengikuti dengan baik pelatihan tersebut agar Kota Manado bisa memiliki lebih banyak puskesmas yang memang benar-benar ramah anak.

“Pelayanan untuk anak di puskesmas memang sudah lama dilakukan akan tetapi belum berbasis hak anak, karena itu kegiatan ini sangat penting supaya anak-anak yang di Kota Manado dapat terpenuhi haknya dengan baik dalam hal ini hak mereka atas kesehatan,”pungkas Kepala Dinas P3A Esther Mamangkey.

Turut hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Kesehatan dr Nora Lumentut.(ryan)

Add Comment