Pengurus Pusat FGMB Sulut Resmi Dikukuhkan

Reporter : | 09 Mar, 2019 - 3:19 am WITA

Pengurus Pusat FGMB Sulut Resmi Dikukuhkan

Pengurus Pusat FGMB Sulut Resmi Dikukuhkan

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pengurus Pusat (PP) Front Generasi Muda Bantik (FGMB) Sulawesi Utara (Sulut) resmi dikukuhkan oleh Gubernur Olly Dondokambey, bertempat di Graha Gubernuran, Jumat (8/3/2019).

Gubernur Olly saat membawakan sambutan, mengajak FGMB Sulut untuk bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulut dan seluruh organisasi kemasyarakatan yang ada, untuk menjaga keamanan bersama, membangun hubungan yang harmonis, memperkokoh persatuan, kesatuan dan toleransi di Sulawesi Utara.

“Saya berharap, FGMB bisa berperan serta menunjang pembangunan nasional, dan juga menunjukan eksistensinya sebagai salah satu organisasi adat masyarakat Bantik dalam konteks pemberdayaan generasi muda, bisa mengoptimalkan segenap potensi dalam mensukseskan program pemerintah.”kata Olly sapaan akrab gubernur.

Selain itu, dia juga berharap agar FGMB bisa menjadi wadah untuk melestarikan nilai seni budaya dan adat Bantik dalam menunjang program pemerintah di bidang pariwisata.

“Saat ini, banyak turis mancanegara yang berkunjung ke Sulut, saya harap FGMB bisa menunjukan peranya dengan menjaga Kamtibmas, agar para turis betah berada di Sulut,” harap Gubernur Olly Dondokambey.

Ketua Umum FGMB Sulut Chris Rumansi mengatakan, berlandaskan spirit Hinggirlidang Hintakinang Hintarlunang (3H), FGMB Sulut berkomitmen menunjukan eksistensinya sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di Sulut, dalam konteks pemberdayaan generasi muda.

“FGMB bertujuan untuk mengaktualisasikan jiwa dan semangat nasionalisme dan pemberdayaan bagi generasi muda Bantik dalam setiap aspek kehidupan. Khusus untuk Seni Budaya Bantik, FGMB akan mendirikan sanggar,” ujar Rumansi, didampingi pengurus FGMB Sulut.

“Selain itu, kami memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh Adat dan Tua-tua Bantik dari 11 Banua Bantik, yang telah memberikan dorongan, nasehat, serta dukungan penuh bagi FGMB Sulut dalam menjalankan tanggung jawab untuk pemberdayaan generasi muda Bantik,” pungkas Ketua Umum FGMB Sulut Chris Rumansi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengukuhan PP FGMB Sulut Riedel Sanny Mongisidi, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah turut mensukseskan kegiatan tersebut.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami panitia, kami sangat bersyukur kegiatan pengukuhan ini bisa berjalan aman dan sukses,”ungkap Mongisidi didampingi Sekretaris Geraldo Gohong.

Diketahui, Kegiatan tersebut dihadiri ratusan Tokoh Adat dan masyarakat Bantik dari 11 Banua, yakni; Sumoit (Bolmong), Tanamon (Minsel), Karlasey (Minahasa), Minanga, Singkirli, Bengkrlo, Buha, Bailang, Morlasa (Manado), serta Tanamon, dan Meras (Minut).(**/ryan)

Baca Juga :

Leave a comment