Olly Serahkan 1.313 Sertipikat PTSL di Minahasa Utara

Reporter : | 13 Feb, 2019 - 7:55 pm WITA

sertipikat tanah program PTSL

Gubernur Olly Dondokambey, ketika menyerahkan secara simbolis sertipikat tanah program PTSL kepada masyarakat di Kabupaten Minut.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menyerahkan 1.313 sertipikat tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (13/2/2019).

Olly dalam sambutannya, mengatakan Program PTSL merupakan salah satu program unggulan nasional yang digagas Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai implementasi program Nawacita guna percepatan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan sertipikat hak atas tanah atau legalisasi aset.

foto 2

Ratusan masyarakat yang hadir pada penyerahan sertipikat tanah program PTSL di Kabupaten Minut

“Ini adalah bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyararakat,” ujarnya.

Olly juga memuji keberhasilan jajaran ATR/BPN mencapai target 100 persen program PTSL di Minut.

“Saya memberikan apresiasi atas kerja kerasnya sehingga target program di Minahasa Utara mencapai 100 persen sekaligus mencegah terjadinya sengketa tanah karena pendataan yang akurat,” ungkapnya.

Olly menerangkan, selama tiga tahun memimpin Sulut pertumbuhan ekonomi daerah ini hingga di triwulan III tahun 2018 mencapai 6,01 persen, atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,27 persen.

foto 3

Gubernur Olly Dondokambey, ketika memberikan sambutan pada penyerahan sertipikat tanah program PTSL di Kabupaten Minut.

Selain itu, Olly mengatakan pesatnya pertumbuhan ekonomi Sulut yang didukung sektor pariwisata ini akan lebih meningkat lagi setelah dibangunnya kawasan pariwisata di Likupang.

“Saya sangat mengharapkan agar yang menikmati pembangunan di Sulut khususnya di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang akan dibuka di Likupang adalah masyarakat Likupang dan sekitarnya,” terangnya.

Diketahui, selama empat tahun pelaksanaan program PTSL, Kementerian ATR/BPN sudah membagikan sekitar 11,4 juta sertipikat tanah kepada masyarakat, dengan rincian : tahun 2015 sebanyak 967.490 sertipikat; tahun 2016 sebanyak 1.168.095 sertipikat; tahun 2017 sebanyak 5,4 juta sertipikat; dan tahun 2018, selang bulan Januari hingga September sebanyak 3,96 juta sertipikat.

Turut hadir pada kegiatan itu, Sekdakab Minut Jemmy Kuhu, Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Sulut Fredy Kolintama, dan para penerima sertipikat. (advetorial)

Baca Juga :

Leave a comment