Jangan Lewatkan, Besok Pemkot Manado Gelar Upacara Adat Tulude di Lapangan Sparta Tikala

Jangan Lewatkan, Besok Pemkot Manado Gelar Upacara Adat Tulude di Lapangan Sparta Tikala
Jangan Lewatkan, Besok Pemkot Manado Gelar Upacara Adat Tulude di Lapangan Sparta Tikala

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota Manado bekerja sama dengan Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST), akan menggelar iven akbar Upacara Adat Tulude tahun 2019 bertempat di lapangan Sparta Tikala, pada Kamis (14/2/2019) besok.

Ketua IKISST, sekaligus ketua panitia penyelenggara Urbanus Nahari mengatakan, selain tamu undangan sebanyak 5.000 orang, Upacara Adat Tulude ini akan dihadiri oleh turis mancanegara khususnya dari Cina.

“Kalo tidak salah sudah kerja sama dengan MN travel Jendela Indonesia. Kami menyurat agar nantinya turis Cina di Manado bisa diarahkan ke lapangan Tikala, pusat kegiatan Upacara Tulude,” jelas Ketua IKISST Urbanus Naharia, beberapa waktu yang lalu.

Untuk pawai Kue Tamo yang adalah simbol adat masyarakat Nusa Utara, akan diarak mulai dari Gereja Sentrum Manado.

“Kami pilih di situ bukan tanpa alasan, letak kota tua Manado di Gereja Sentrum,”katanya.

Lanjutnya, rundown acara seperti pengisian acara, pagelaran yang akan tampil serta tamu undangan dan VIP sudah siap.

“Pokoknya semua kabupaten/kota kami akan undang,” tuturnya.

Sementara Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) mengatakan, pelaksanaan Upacara Adat Tulude ini merupakan sebuah bentuk komitmen dirinya dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan dalam melestarikan seni dan budaya di Kota Manado.

“Apalagi adat Nusa Utara ini telah ikut memperkaya budaya di Kota Manado yang sangat plural dan toleran. Mari kita jaga dan lestarikan budaya kita.”kata Wali Kota beberapa waktu yang lalu.

Wali kota pun mengajak seluruh warga Kota Manado untuk menghadiri Upacara Adat Tulude pasa besok hari.

“Mari semua warga Manado tidak hanya warga Nusa Utara untuk bersama-sama dalam upacara adat Tulude ini,” tandas Wali Kota GS Vicky Lumentut.(ryan)

Add Comment