Seluruh Rangkaian Kegiatan Dalam Rangka Hari Jadi Minahasa ke-590 Tahun Sukses Digelar

Bupat Minahasa: Ke depan Minahasa Expo Harus Lebih Kreatif dan Inovatif.

Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590, Sukses Digelar. Roring6RANGKAIAN kegiatan dalam rangkan memperingati Hari Jadi Minahasa ke-590 tahun 2018, dimulai dengan kegiatan jalan sehat yang dilepas Sekda Minahasa Jefry R Korengkeng SH M.Si pada Jumat (26/10/2018), yang diikuti oleh jajaran Pemkab Minahasa bersama dengan sejumlah elemen masyarakat.

Sebelumnya pada 16 Oktober 2018, Bupati Ir Royke O Roring M.Si dan Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si, melakukan ziarah ke makam mantan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa. Esoknya dilaksanakan pawai pembangunan yang dilepas oleh Gubernur Sulu Olly Dondokambey SE. Berbagai potensi ditampilkan dalam pawai tersebut. Menariknya pawai tersebut dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Angkatan Laut RI.

Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590, Sukses Digelar. Roring4Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Minahasa Expo 2018 pada Sabtu (27/10/2018) di Stadion Maesa Tondano. Di Minahasa Expo berbagai potensi sumber daya alam Minahasa ditampilkan.

Kegiatan berikutnya pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa 2018. Dan pada Senin 5 November 2018, digelar Upacara Bendera Hari Jadi Minahasa ke-590 di Taman Kota Tondano (God Bless Minahasa).

Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si yang bertindak selaku inspektur upacara, dalam sambutannya mengatakan momentum HUT Minahasa ke-590 ini kiranya kita tetap mengedepankan integritas dan loyalitas agar bisa meraih prestasi.

Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590, Sukses Digelar. Roring3“Semoga Tuhan Yang Kuasa akan menyertai kita semua dalam setiap tugas dan karya kita untuk membangun Minahasa. Dirgahayu Kabupaten Minahasa ke-590,” ujar Bupati.

Sejarah Tou Minahasa dari masa ke masa yang telah mengabdikan dirinya untuk daerah tercinta, sehingga Minahasa kian menunjukkan kemajuan yang pesat, kini menjadi tanggung jawab untuk berkontribusi bagi masyarakat Minahasa dan pembangunan Minahasa di berbagai bidang.

“Saya minta agar semua jajaran Pemkab untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sebab hal itu merupakan prioritas dan diatas segalanya. Pelayanan kepada masyarakat jangan dipersulit, dan tetap mengacu pada undang-undang serta aturan yang berlaku, “‘tukas Bupati.

Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590, Sukses Digelar. Roring7Ke depan dalam penempatan pejabat akan dilakukan dengan prinsip The Rigth Men In The Right Place untuk Minahasa yang hebat.

“Pejabat yang akan ditetapkan merupakan pejabat yang punya kemampuan dan komitmen demi Minahasa hebat,” paparnya.
Usai upacara, dilanjutkan Rapat Paripurna DPRD Minahasa yang digelar di Wale NeTou Minahasa Tondano.

Bupati Royke O Roring (ROR), dalam sambutannya di rapat paripurna mengatakan Danau Tondano menyimpan sejuta potensi, makanya menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Danau Tondano harus dikembangkan sebab itu akan berimbas pada berbagai sektor, diantaranya sektor pariwisata, perikanan dan lainnya.

Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590, Sukses Digelar. Roring1“Saat ini Danau Tondano terus alami pendangkalan dan penyempitan danau. Makanya persoalan Danau Tondano menjadi fokus kami, mengingat juga Danau Tondano masuk dalam 15 danau prioritas yang masuk RPJM Nasional,” ujar Bupati.

Karena itu, kedepan kata Bupati akan dibuat Peraturan Daerah (Perda) Zonasi Danau, dengan tujuan agar pemerintah memiliki pijakan dalam mengambil kebijakan dalam penyelamatan Danau Tondano.

Lanjutnya, tahun 2019 diperhadapkan pada Pemilu, dan tahapan ini sementara dimulai, karena itu Bupati mengajak masyarakat Minahasa untuk jaga persatuan dan persaudaraan.

Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590, Sukses Digelar. Roring2Sementara Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O Kandouw, mengatakan kiranya momentum ini akan menjadi kontemplasi untuk Minahasa yang lebih baik.

“Harus ada evaluasi perihal perihal apa yang perlu ditingkatkan supaya program bisa terarah dan terealisasi dengan baik. Dan yang terpenting adalah memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Kandouw.

Hadiri dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Minahasa James Rawung didampingi Wakil Ketua Ivone Andries dan Ventje Mawuntu tersebut, Wakil Bupati Robby Dondokambey, sejumlah pimpinan daerah Kabupaten/ Kota se-Sulut, Forkompinda dan Legislator Minahasa, Sekdakab bersama jajarannya serta Pimpinan TP-PKK maupun Dharma Wanita serta para undangan dan ASN.

Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590, Sukses Digelar. RoringDiakhir rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590. Bupati Roring di dampingi Wakil Bupati Dondokambey resmi menutup Minahasa Expo 2018 serta seluruh kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Minahasa ke-590.

Dalam sambutannya, Bupati mengucap syukur atas berkat Tuhan, serta berterima kasih kepada semua pihak, kepada masyarakat serta TNI dan Polri, yang sudah turut menjaga sehingga kegiatan sehingga berjalan aman dan lancar.

“Terima kasih juga kepada SKPD, BUMD, Swasta, hingga pedagang yang telah menyemarakkan kegiatan ini,” ujar Bupati.

Rangkaian Hari Jadi Minahasa ke 590, Sukses Digelar. Roring5“Kiranya Minahasa Expo akan memacu kretifitas dan inovasi dan kiranya kedepan akan lebih baik. Kunjungan kami ke stand, kami lihat sudah banyak yang ditampilkan. Ke depan diharpapkan semakin banyak yang bisa tampilkan agar masyarakat mendapat informasi yang lebih banyak,” tutur Bupati.

Pada kesempatan itu, diserahkan hadiah para pemenang lomba diantaranya lomba Minahasa Expo 2018 antar instansi vertikal/BUMD, juara 1 Tim PPK Minahasa, juara 2 Kodim Minahasa. Antar SKPD: juara 1. Inspektorat, juara 2. Dinas Perdagangan, juara 3. Dinas Koperasi dan UKM. Antar kecamatan : juara 1. Kecamatan Tondano Selatan 2. Kecamatan Kakas 3 kecamatan Tondano Barat. (advetorial/rom)