Sulut Tuan Rumah Pertemuan Pejabat Tinggi 46 Negara Kepulauan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Indonesia kembali mengadakan pertemuan tingkat pejabat tinggi (Senior Official Meeting) Negara kepulauan dan Negara pulau (Archipelagic and Island States) pada 1-2 November 2018.

Rangkaian Pertemuan tingkat pejabat senior AIS kedua ini dan akan diikuti 46 perwakilan negara, akan dipusatkan di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Gubernur Olly Dondokambey mengunstruksikan kepada jajaran Pemprov Sulut untuk mensukseskan perhelatan yang akan membahas tentang sampah plastik laut, pengembangan ekonomi biru, adaptasi terhadap perubahan iklim, tata kelola pemerintahan yang baik, manajemen bencana, perikanan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi.

Sekdaprov Edwin Silangen mengatakan, iven AIS yang akan dilaksanakan di Sulut bakal dihadiri 46 negara-negara termasuk senior official dan duta besar dari negara tersebut.

“Mereka di sini akan melakukan diskusi dan deklarasi berkaitan dengan negara kepulauan,” ungkapnya.

Lanjut Silangen, akan ada deklarasi bersama yang dilakukan terkait konservasi di negara-negara kepulauan.

“Deklarasi nanti akan ditandai dengan replantasi coral dan penanaman mangrove. Ini sangat penting untuk membawa pesan moral bahwa konservasi harus dapat bagian prioritas dalam pelaksanaan pembangunan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan negara-negara yang akan hadir AIS ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan AIS ini dapat juga dimanfaatkan untuk mempromosikan sektor pariwisata Sulut.

“Nantinya selain melaksanakan pertemuan, panitia akan mengantarkan para menteri ke sejumlah destinasi pariwisata yang berkaitan dengan kepulauan dan pegunungan sehingga pemerintah dan masyarakat Sulut sudah siap untuk melaksanakan iven ini,” tuturnya, sembari mengajak seluruh stakeholders untuk mendukung iven tersebut demi nama baik Sulut.

“Kita harus tetap mempertahankan kondusifitas daerah yang sudah bagus aman dan terkendali, agar para peserta yang datang mengunjungi Sulut bisa menikmati perjalanan mereka,” pungkasnya. (ton)