Diharapkan UHC Tahun Ini, 18,91 Persen Penduduk Kota Manado Belum Ter-Cover JKN

Reporter : | 17 Sep, 2018 - 8:19 pm WITA

BPJS kota manado, JKN kota manado, UHC kota manado, dr. Greisthy E.L Borotoding

dr. Greisthy E.L Borotoding

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dari 519.090 penduduk Kota Manado, sudah 420.906 atau 81.09 persen penduduk yang menjadi peserta JKN atau BPJS Kesehatan. Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor BPJS Cabang Kota Manado dr. Greisthy E.L Borotoding saat bertemu dengan para stakeholder di Kantor Walikota Manado, Senin (17/9/2018).

“Jadi masih ada 98.184 jiwa atau 18,91 persen yang belum menjadi peserta JKN,”ungkap dr Borotoding.

Lanjutnya, sesuai Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2017, pemerintah wajib mendukung program strategis nasional dalam hal ini JKN.

“Dan tahun ini, Pemkot Manado diharapkan dapat men-cover minimal 95 persen penduduk Kota Manado dengan JKN,”tuturnya.

Sementara dari 12 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara, ada 7 yang sudah Universal Health Coverage (UHC) atau seluruh penduduknya sudah ter-cover JKN.

“Yaitu Kota Bitung, Tomohon, kemudian Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Selatan dan Sangihe. Kota Manado sendiri belum UHC,”tukas dr Borotoding.

Dan untuk mencapai target tersebut, para pemilik badan usaha contohnya, harus mendaftarkan karyawannya dalam BPJS atau ada penduduk kurang mampu, itu menjadi tanggungjawab pemerintah daerah untuk mendaftarkan mereka.

“Mudah-mudahan tahun 2018 ini Kota Manado sudah UHC atau Universal Health Coverage,”pungkas dr. Greisthy E.L Borotoding.(ryn)

Baca Juga :

Leave a comment