Dinkes Sulut Siapkan Program Pariwisata Sehat

Reporter : | 06 Sep, 2018 - 11:43 pm WITA

Dinkes Sulut

Kepala Dinkes Sulut dr. Debie Kalalo, didampingi Sekdis Kesehatan dr. Lisa Pongajow, Kabid SDK DJonny Matali, Kabid Kesehatan Masyarakat dr Rima Lolong, Kabid Pelayanan Kesehatan dr Lydia Tulus serta Kepala Seksi Surveillance Imunisasi Merry Pasorong.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkes) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dr. Debie Kalalo, menyatakan, pihaknya menyiapkan program Pariwisata Sehat dalam rangka menunjang program Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) di sektor Pariwisata.

Kalalo menjelaskan, kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk menunjang program pariwisata sehat yaitu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat dengan akreditasi puskesmas dan rumah sakit terakreditasi yang bertaraf nasional.

Dikatakan Kalalo, sampai saat ini sesuai data jumlah puskesmas di Provinsi Sulut sebanyak 193 unit. 59 diantaranya sudah terakreditasi.

“Target kita di tahun  2018, 60 puskesmas sudah diakreditasi. Dan sisanya di tahun 2019 mendatang,” ujar Kalalo, kepada wartawan, Kamis (6/9/2018).

Lanjut Kalalo, untuk rumah sakit di Sulut, dari 45 rumah sakit di daerah ini, 22 diantaranya sudah terakreditasi. Dan 11 diantaranya, yakni RSUD.

“Mudah-mudahan rumah sakit yang belum akreditasi tahun 2018 ini, akan diakreditasi pada tahun 2019 mendatang. Karena untuk pelayanan kesehatan yang sesuai standar yang ditetapkan oleh Kemenkes RI,” tukasnya.

“Dan kami berapaharp, program ini harus ditunjang dan dibantu oleh semua elemen masyarakat demi terwujudnya program pariwisata sehat menuju sulut hebat di sektor kesehatan,” pungkasnya.

Turut mendampingi Kalalo pada pertemuan itu, Sekdis Kesehatan dr. Lisa Pongajow, Kabid SDK DJonny Matali, Kabid Kesehatan Masyarakat dr. Rima Lolong, Kabid Pelayanan Kesehatan dr. Lydia Tulus serta Kepala Seksi Surveillance Imunisasi Merry Pasorong. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment